Rencana Erick Thohir 2019 & Buat "Spotify" A La Indonesia

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
31 January 2019 16:30
Rencana Erick Thohir 2019 & Buat
Jakarta, CNBC Indonesia - CEO PT Mahaka Media Tbk (ABBA) Erick Thohir menyebut akan mengembangkan bisnis baru menyikapi perubahan lanskap industri media. Erik membeberkan, tahun ini Mahaka Group akan fokus mengembangkan bisnis iklan (billboard) secara digital dan bakal merilis layanan musik berbayar seperti Spotify a la Indonesia.

Hal itu diungkapkan Thohir saat menyampaikan paparannya bertajuk : "How To Encounter Industrial Revolution 4.0 Era & How The Result".

Erick mengatakan, seiring adanya regulasi pemerintah provinsi DKI Jakarta yang mengatur billboard sudah diarahkan ke digital dan berbasis panel LED, ia melihat hal itu sebagai peluang baru bagi bisnis billboard digital.

Tidak hanya itu, pada tahun lalu, Mahaka memenangkan tender juga mengelola iklan digital di MRT Jakarta bersama konsorsium "Ini melalui tender, kita menang kelola advertising MRT di Jakarta, bukan karena temannya Pak sandi, atau kenal gubernur, saya melihat oppportunity, ini di tahun lalu, gak ada hubungan dari Tim Kampanye Nasional," tutur Erick, Kamis (31/1/2019) di Bursa Efek Indonesia.


Mahaka sebagai adalah induk dari perusahaan media multiplatform di bidang penyiaran, percetakan maupun penerbitan hingga media digital di tahun ini juga bakal meluncurkan layanan musik berbayar seperti Spotify namun untuk versi Indonesia.

Dijelaskan Thohir, seiring media digital yang kian terus berkembang dan infrastruktur telekomunikasi juga sudah dibangun pemeritah di berbagai daerah di Indonesia, karena itu perusahaan akan fokus menyasar layanan berbasis digital. Mahaka yang saat ini punya Radio Prambors, kata Erik tidak mungkin memasang pemancar di seluruh wilayah di Indonesia.

"Saya juga di industri radio melakukan hal yang sama, kita launching yang namanya Noise sebentar lagi, bagaimana bisa beli lagu, denger lagu seperti Spotify, tapi versi Indonesia," ujarnya.

Tidak hanya itu, perusahaan juga akan mengembangkan layanan video on demand yang berisi konten olahraga. Untuk menyokong langkah itu, perusahaan sudah mengambil alih liga bola basket dan liga mahasiswa di Indonesia. Rencananya platform tersebut hal itu juga akan diluncurkan di tahun ini paska perhelatan Pilpres usai.

"Saya bisnis olahraga dan konten olahraga, olahraga merupakan konten yang masih ditononton secara live, makanya kalau llihat konten olahraga makin hari makin mahal, kita di Mahaka mau cepet selesai April, biar cepet launch, kita akan bangun konten olahraga," tandas dia.
(hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading