Deretan Saham yang Harganya Lompat Pekan Ini, Simak!

Market - Taufan Adharsyah, CNBC Indonesia
19 January 2019 16:50
Deretan Saham yang Harganya Lompat Pekan Ini, Simak!
Jakarta, CNBC Indonesia - Akhir pekan ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bisa sedikit tersenyum. Pasalnya, selama sepekan kemarin IHSG menguat 1,36%, yang ditutup di level 6.448. Tak hanya itu, penguatan mingguan IHSG kemarin merupakan yang ke-4 secara berturut-turut sejak 21 Desember 2018.

Bersama rekan-rekan indeks lain yang juga mayoritas menguat, IHSG berada di posisi tengah. Tidak terlalu buruk, tapi juga bkan yang terbaik. Hanya Indeks Kospi Korea Selatan yang mampu membukukan penguatan di atas 2%.

Meski demikian, sejumlah saham dapat mencatat kenaikan harga yang cukup tinggi dalam sepekan.


Sebagian besar top gainers minggu ini merupakan perusahaan yang memiliki hubungan erat dengan sektor pertambangan batu bara. Seperti diketahui, harga batubara pada pekan ini naik 1,73%, bahkan sempat menembus level psikologis US$ 100.

Berikut lima saham paling cuan selama sepekan:

1 PT. Bumi Resource Minerals Tbk.
Harga saham PT. Bumi Resources Minerals Tbk melonjak hingga 20% pada pekan ini, menjadi Rp 60 per lembar saham. Bumi Resource Minerals merupakan perusahaan pertambangan beberapa mineral diantaranya emas, tembaga, timah hitam, seng, dan molibednum.

2. PT Bumi Resources Tbk.
Harga saham PT. Bumi Resources Tbk sukses menguat 14,47% selama sepekan, yang ditutup di level Rp 174 per lembar saham. PT Bumi Resources merupakan perusahaan induk yang membawahi 24 anak perusahaan yang sebagian besar merupakan perusahaan tambang batu bara yang beroperasi di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

3. PT. PP Tbk
Harga saham PT PP selama sepekan ini naik sebesar 11,68%, menjadi Rp 2.390 per lembar saham. Seperti diketahui, PT PP merupakan salah satu BUMN yang utamanya bergerak di bidang konstruksi bangunan meliputi gedung bertingkat, infrastruktur, rel kereta, pelabuhan, dan airport.

4. PT Indika Energi Tbk
Harga saham PT Indika Energi bertumbuh 10,66% selama pekan ini, dan ditutup pada posisi Rp 2.180 per lembar saham. Indika Energi merupakan perusahaan induk yang membawahi sejumlah perusahaan di berbagai sektor seperti pertambangan batubara, konstruksi (EPC), transportasi, pembangkit listrik, dan fasilitas logistik.

5. MNC Investama Tbk
Harga saham MNC Investama naik sebesari 7,81 pada pekan ini, mengangkat harganya ke level Rp 69 per lembar. MNC Investama merupakan induk usaha dari MNC grup yang membawahi berbagai sektor usaha seperti media, keuangan, properti, dan investasi.

(taa/taa)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading