Brexit Membayangi, Bursa Eropa Ramai-ramai Melemah

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
18 January 2019 06:48
Brexit Membayangi, Bursa Eropa Ramai-ramai Melemah
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa-bursa utama Eropa ditutup melemah, Kamis (17/1/2019), di tengah meningginya ketidakpastian politik di Inggris dan kekhawatiran investor akan melambatnya perekonomian China.

Indeks FTSE 100 di London turun 0,4%, indeks DAX di Frankfurt melemah 0,12%, dan indeks CAC 40 di Paris berkurang 0,34%.


Indeks Eropa Stoxx 600 masih mampu menguat tipis 0,06% saat penutupan perdagangan namun sebagian besar bursa utama berada di zona negatif, CNBC International melaporkan.


Sektor perbankan Eropa mencetak kinerja terburuk hari Kamis setelah anjlok 1,2%. Bank asal Prancis Societe Generale memimpin pelemahan itu setelah melaporkan kinerja kuartal keempat akan terpukul oleh kondisipasar yang sulit. Sahamnya rontok lebih dari 6,1% setelah kabar tersebut beredar.

Sementara itu, perhatian pasar sebagian besar tertuju pada perkembangan terbaru Brexit setelah Perdana Menteri Theresa May memenangkan pemungutan suara mosi tidak percaya Rabu malam di parlemen.

Setelah itu, ia harus menyampaikan rencana cadangan hari Senin mendatang setelah usulan perjanjian Brexit yang ia ajukan ditolak parlemen Selasa lalu. Para pelaku pasar berharap parlemen akan mendesak adanya perpanjangan proses Brexit melampaui tenggat waktu 29 Maret mendatang. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading