Laporan Keuangan Bank Besar Kinclong, Wall Street Akan Naik

Market - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
16 January 2019 21:48
Laporan Keuangan Bank Besar Kinclong, Wall Street Akan Naik
Jakarta, CNBC Indonesia - Wall Street akan dibuka menguat pada perdagangan hari ini: Kontrak futures Dow Jones mengimplikasikan kenaikan sebesar 55 poin, sementara S&P 500 dan Nasdaq Composite diimplikasikan naik masing-masing sebesar 3 dan 7 poin.

Kinclongnya laporan keuangan dari bank-bank besar di AS memotori laju Wall Street. Pada hari ini, Goldman Sachs mengumumkan laba bersih per saham senilai US$ 6,04 untuk periode kuartal-IV 2018, jauh di atas konsensus Refinitiv yang sebesar US$ 4,45. Sementara itu, pendapatan tercatat senilai US$ 8,08 miliar, juga mengalahkan konsensus yang sebesar US$ 7,55 miliar.

Bank of America mengumumkan laba bersih per saham senilai 73 sen untuk periode kuartal-IV 2018, lebih tinggi dari konsensus yang sebesar 63 sen. Pendapatan diumumkan sebesar US$ 22,7 miliar, di atas ekspektasi yang sebesar US$ 22,397 miliar.


Pada extended hours trading, harga saham Goldman Sachs melesat 3,55%, sementara Bank of America meroket 5,8%.

Di sisi lain, gaduh politik terkait penutupan sebagian pemerintahan AS (partial government shutdown) membatasi penguatan Wall Street. Hingga kini, terhitung sudah 25 hari pemerintahan AS berjalan dengan pincang, menjadikannya yang terpanjang di era modern.

Shutdown kali ini terjadi lantaran partai Republik dan Demokrat tak mampu menyepakati anggaran belanja negara, seiring dengan adanya ketidaksepahaman mengenai anggaran untuk pembangunan infrastruktur perbatasan AS-Meksiko.

Pemerintahan Presiden Donald Trump kini memproyeksikan bahwa kerugian akibat shutdown adalah dua kali lebih besar dari yang diekspektasikan sebelumnya, menurut seorang sumber dari kalangan pemerintahan yang tak ingin disebutkan namanya, seperti dikutip dari CNBC International.

Pada awalnya, pemerintah memproyeksikan bahwa shutdown akan memangkas pertumbuhan ekonomi sebesar 0,1% setiap 2 minggu. Kini, diproyeksikan bahwa setiap minggunya shutdown akan membuat pertumbuhan ekonomi terpangkas sebesar 0,1%.

Perubahan ini terjadi lantaran pemerintah memperhitungkan kerugian dari kontraktor yang tak bisa melakukan bisnis dengan pemerintah, serta macetnya anggaran belanja dan fungsi-fungsi pemerintahan.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]


(ank/ank)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading