Pelaku Pasar Bermain Defensif, Bursa Saham Asia ke Zona Merah

Market - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
14 January 2019 09:10
Pelaku Pasar Bermain Defensif, Bursa Saham Asia ke Zona Merah
Jakarta, CNBC Indonesia - Mayoritas bursa saham utama kawasan Asia dibuka melemah pada perdagangan hari ini: Indeks Shanghai turun 0,02%, indeks Hang Seng turun 0,4%, dan indeks Kospi turun 0,24%.

Pelaku pasar bermain defensif sembari menantikan rilis data perdagangan internasional China periode Desember 2018 pada pukul 10:00 WIB. Konsensus yang dihimpun oleh Reuters memprediksikan surplus neraca dagang Negeri Tirai Bambu mencapai US$ 51,5 miliar atau lebih tinggi dibandingkan surplus November sebesar US$ 44,7 miliar. Impor diprediksi tumbuh lebih kencang dari 3% YoY (November) menjadi 5% YoY, sedangkan ekspor diyakini melambat dari 5,4% YoY menjadi 3% YoY.

Rilis data ini akan memberikan petunjuk bagi investor mengenai seberapa dalam perlambatan ekonomi yang sedang dialami oleh China. Sebagai negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia, tentu laju perekonomian China menjadi penting untuk diamati. Jika ada tekanan signifikan yang terjadi di China, maka seluruh dunia akan ikut merasakan dampaknya.


Dari sisi perang dagang China dengan AS, sejatinya ada perkembangan yang positif. Liu He dikabarkan akan datang ke Washington pada 30 dan 31 Januari untuk melakukan negosiasi dagang, menurut orang-orang yang mengetahui masalah tersebut, seperti dilansir dari Bloomberg.

Liu He akan bertemu dengan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan Kepala Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer yang juga merupakan tokoh kunci dalam negosiasi dagang AS-China.

TIM RISET CNBC INDONESIA



(ank/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading