Negosiasi AS-China Positif, Bursa Saham Asia Menghijau

Market - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
08 January 2019 - 09:04
Negosiasi AS-China Positif, Bursa Saham Asia Menghijau
Jakarta, CNBC Indonesia - Mayoritas bursa saham utama kawasan Asia dibuka di zona hijau pada perdagangan hari ini: indeks Nikkei naik 0,93%, indeks Hang Seng naik 0,07%, indeks Strait Times naik 0,18%, dan indeks Kospi naik 0,08%.

Perkembangan negosiasi dagang AS-China yang positif membuat investor kembali berhasrat untuk mengoleksi instrumen berisiko seperti saham. Kemarin (7/1/2019), Kementerian Luar Negeri China mengatakan bahwa AS dan China telah mengekspresikan keinginan untuk bekerja sama dalam mengimplementasikan kesepakatan dagang yang telah dicapai antara Presiden AS Donald Trump dengan Presiden China Xi Jinping.

Dari AS, nada optimisme dilontarkan oleh Menteri Perdagangan Wilbur Ross.


"Saya rasa ada kemungkinan besar bahwa kami akan mencapai kesepakatan yang memuaskan dengan China. Kami akan bisa menerimanya dan mencakup seluruh isu," tegas Ross dalam wawancara dengan CNBC International.

Pelaku pasar menaruh harapan besar bahwa negosiasi ini akan membawa kedua negara satu langkah lebih dekat kepada damai dagang secara permanen. Maklum, perang dagang yang selama ini berkecamuk antar keduanya terlihat jelas sudah menyakiti perekonomian masing-masing.

Hari ini merupakan hari terakhir dari negosiasi dagang antar kedua negara.

TIM RISET CNBC INDONESIA (ank/ank)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading