Holding BUMN, WIKA Hapuskan Label Persero Akhir Bulan Ini

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
07 January 2019 - 16:22
Holding BUMN, WIKA Hapuskan Label Persero Akhir Bulan Ini
Jakarta, CNBC Indonesia - Holding BUMN Perumahan kini sudah di depan mata. Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) akan mengesahkan perubahan anggaran dasar terkait dengan perubahan status dari Persero ke non-Persero akhir Januari ini.

RUPSLB yang akan digelar pada Senin 28 Januari mendatang ini akan dilakukan sebagai tindak lanjut dari penyelesaian pembentukan holding BUMN Sektor Perumahan dan Pengembangan Kawasan.

"Perubahan status ini dilakukan dalam rangka pembentukan holding BUMN Sektor Perumahan dan Pengembangan Kawasan yang diusulkan oleh pemegang saham perseroan berdasarkan surat Menteri BUMN, 12 Desember 2018," tulis Direksi WIKA dalam surat undangan RUPSLB.

Dalam holding ini, WIKA akan menjadi anak usaha bersama PT PP Tbk (PTPP), PT Amarta Karya, PT Virama Karya dan PT Indah Karya. Semua anak usaha nantinya di bawah induk usaha Perum Perumnas (Persero).

Langkah ini terbilang molor, pasalnya Kementerian BUMN sebelumnya menargetkan holding BUMN Perumahan bisa diselesaikan pada akhir tahun 2018. Namun hingga akhir tahun lalu belum ada tanda-tanda ditekennya Peraturan Pemerintah (PP) oleh Presiden Joko Widodo.

Hingga, 31 Desember 2018, Kementerian BUMN pun menegaskan masih mengejar perampungan PP untuk diteken Presiden. Setelah PP terbit, perlu ada penetapan valuasi oleh Menteri Keuangan.  Untuk tahap akhir, yaitu proses mengubah nama entitas anggota holding dengan menghilangkan nama Persero melalui RUPS, akan dilaksanakan paling lambat Mei 2019.
 



(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading