Krakatau Steel Konversi Utang US$ 2 M Jadi Saham

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
04 January 2019 - 12:25
Krakatau Steel Konversi Utang US$ 2 M Jadi Saham
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) menargetkan untuk bisa menyelesaikan proses restrukturisasi utang-utangnya di akhir Januari 2019 ini. Salah satu skema yang akan digunakan oleh perusahaan adalah dengan mengkonversi utang menjadi saham (debt to equity swap).

Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim mengatakan total utang yang akan direstrukturisasi perusahaan nilainya mencapai US$ 2 miliar. Diakuinya, jumlah utang yang besar ini menahan langkah perusahaan untuk berinvestasi ke depan.

"Opsi restrukturisasinya ada beberapa macam seperti perpanjangan tenor, nego bunga, ada yang swap dan macam-macamlah, nanti ada finalnya," kata Silmy di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (4/1/2018).


Dia menjelaskan, sejak menduduki jabatannya saat ini pada September lalu, dia sudah mendorong perusahaan untuk melakukan langkah-langkah restrukturisasi. Pembicaraan dengan bank BUMN juga dilakukan mengingat bank-bank ini menjadi salah satu krediturnya saat ini.

Diharapkan dengan langkah restrukturisasi ini perusahaan mengarapkan adanya perbaikan arus kas perusahaan dan menekan kerugian yang selama bertahun-tahun dialami perusahaan. Selain itu, tahun ini perusahaan bertekad untuk mencetak laba.

Selain melakukan perbaikan keangan, perusahaan juga akan melakukan restrukturisasi fundamental bisnis perusahaan. Silmy menyebutkan perusahaan juga akan menjajaki bisnis perdagangan untuk baja solution untuk produk baja yang lebih spesifik digunakan dalam industri.

"Umumnya suatu usaha berkembang dari trading, kalau sudah ada pasar baru bikin industrinya. Tapi kalau di Krakatau Steel belakangan kan industri duu baru pasar, sekarang kita pasar dulu. Makanya restrukturisasi, bukan utang aja tapi usaha juga jadi anak usaha kita akan dukung untuk pengembangan," tandas dia. (dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading