Cuma Modal US$ 1, Antam Akuisisi 20% Saham ICA

Market - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
28 December 2018 13:44
Cuma Modal US$ 1, Antam Akuisisi 20% Saham ICA
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) resmi menandatangani akta perjanjian jual beli saham (share purchase agreement/SPA) PT Indonesia Chemical Alumina (PT ICA) dari Showa Denko K.K (SDK) Jepang.

Dengan penandatanganan akta jual beli saham ini, Antam resmi memiliki keseluruhan saham PT ICA (100%) dari posisi kepemilikan sebelumnya sebesar 80% dengan 20% kepemilikan saham dimiliki oleh SDK.

"Penandatanganan SPA ini merupakan refleksi atas komitmen perusahaan dalam rangka memperkuat portfolio produk hilir Antam yakni Alumina," kata Direktur Keuangan Antam, Dimas Wikan Pramudhito melalui keterangan tertulis, Jumat (28/12).


Dengan ditandatanganinya akta jual beli menunjukan Antam dan SDK telah menyelesaikan kewajiban-kewajiban sebagai pemegang saham sesuai dengan proporsi kepemilikan saham sesuai conditional share purchasement agreement (CSPA) yang ditandatangani 29 Mei 2018.

Adapun pokok-pokok kesepakatan CSPA mencakup pembayaran kewajiban kepada kreditur, kewajiban pajak, pengelolaan lingkungan, perbaikan pabrik, termasuk pemberian paten milik SDK kepada PT ICA untuk proses produksi dan produk yang telah terdaftar di 36 negara.

Transaksi jual-beli 20% saham PT ICA kepada Antam dilakukan dengan nilai pembelian yang telah disepakati dalam perjanjian sebesar US$ 1. 

"Antam berbangga dapat menyelesaikan seluruh rangkaian proses pembelian keseluruhan saham PT ICA yang merupakan bagian dari proses negosiasi dan evaluasi secara menyeluruh yang dilakukan kedua pihak terkait dengan restrukturisasi kerjasama patungan di PT ICA," ucapnya.

Dengan adanya transfer teknologi, pengembangan produk serta dukungan pemasaran, perusahaan optimis komoditas alumina Antam tetap memiliki daya saing global dan dapat memberikan nilai ekonomi positif bagi perusahaan dan pemegang saham.


[Gambas:Video CNBC]


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading