Siapa Said Didu dan Kenapa Tiba-Tiba Dicopot dari Bukit Asam?

Market - Herdaru Purnomo, CNBC Indonesia
28 December 2018 11:45
Siapa Said Didu dan Kenapa Tiba-Tiba Dicopot dari Bukit Asam?
Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam susunan Komisaris terbaru hasil RUPSLB PT Bukit Asam (Persero) Tbk, Jumat (28/12/2018) tak ada lagi nama mantan Sekretaris Kementerian BUMN Muhammad Said Didu. Said Didu digantikan oleh Jhoni Ginting sebagai Komisaris.


Bagaimana kiprah Said Didu di BUMN berkode emiten PTBA ini?

Said Didu menjadi komisaris PTBA menggantikan Thamrin Sihitie pada Maret 2015 lalu. Said Didu terpilih dalam RUPST 2015 yang digelar di Hotel JS Luwansa ketika itu.


Said Didu yang lahir di Pinrang-Sulawesi Selatan pada 2 Mei 1962 ini meraih pendidikan tinggi S2 di Teknik Industri, Institut Pertanian Bogor pada tahun 1996 dan S3 System Engineering, Institut Pertanian Bogor pada tahun 2000.

Said Didu merupakan Perekayasa Madya di BPPT hingga saat ini. Ia juga merupakan Ketua Bidang Perencanaan Tim Pelaksana KKIP.

Said Didu pernah menjabat sebagai Sekretaris Kementerian BUMN (2005-2010), Dewan Pengawas BLU Rumah Sakit RSCM (2007-2011), Komisaris Utama PTPN IV (Persero) (2006 sampai Sekarang), Komisaris Utama PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) (2008-2011), Anggota MPR-RI (1997-1999), Komisaris Utama PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia, Direktur Teknologi Agroindustri, BPPT.

Dicopot Menteri Rini?

Said Didu dicopot tanpa alasan yang jelas. Dan memang pencopotan dilakukan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno.

"Menurut saya ini hak dari otoritas pemegang saham. Kementerian BUMN," kata Dirut PTBA Arviyan Arifin saat berbincang dengan CNBC Indonesia TV.

Menanggapi hal ini Said Didu justru bingung. Said Didu mengatakan, berdasarkan UU BUMN, seseorang yang dicopot dari jabatannya sebagai komisaris, harus diberi tahu alasannya. "Saat saya diberi tahu belum ada alasannya," kata Said yang dihubungi langsung oleh CNBC Indonesia TV.

Secara rinci, perseroan mengangkat Soenggoel Pardamean Sitorus sebagai Komisaris Independen menggantikan Johan O Silalahi serta mengangkat Taufik Madjid dan Jhoni Ginting sebagai Komisaris menggantikan Purnomo Sinar Hadi dan Muhammad Said Didu.

Dalam cuitannya di Media Sosial Twitter, Said Didu memang mengakui ada yang tidak sejalan. Ia pun menumpahkannya melalui media sosial.

Siapa Said Didu dan Kenapa Tiba-Tiba Dicopot dari Bukit Asam?Foto: twitter @saididu


"Sesuai keputusan RUPSLB PTBA hari ini saya diberhentikan sbg Komisaris PTBA dengan alasan saya sudah TIDAK SEJALAN dg pemegang saham Dwi Warna (Menteri BUMN)," kata Said Didu.





(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading