Terbaru, 10 Negara yang Jadi 'Raja Minyak' se-Planet Bumi

Market - Muhamad Taufan Adharsyah, CNBC Indonesia
27 December 2018 12:34
Amerika Serikat (AS) sukses merebut posisi puncak sebagai negara dengan jumlah produksi minyak mentah terbesar di dunia.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pada bulan September 2018 lalu, Amerika Serikat (AS) sukses merebut posisi puncak sebagai negara dengan jumlah produksi minyak mentah terbesar di dunia.

Dengan total jumlah produksi harian mencapai 11,47 juta barel, AS itu mampu mengungguli produksi minyak mentah Rusia sebesar 10,96 juta barel/hari dan Arab Saudi sebesar 10,5 juta barel/hari, di periode yang sama.

Namun produsen minyak bukan hanya mereka bertiga, berikut daftar 10 peringkat teratas negara produsen minyak mentah di dunia.


Mengutip proyeksi Departemen Energi AS (US Energy Information Administration/EIA), Kamis (27/12/2018) produksi minyak mentah AS di sepanjang tahun 2018 akan mencapai 10,88 juta barel/hari, yang merupakan rekor tertinggi di sepanjang sejarah Negeri Adidaya.


Catatan tersebut meningkat 1,53 juta barel/hari dari produksi tahun 2017 yang "hanya"sebesar 9,35 juta barel/hari, sekaligus mengukuhkan posisi AS sebagai produsen minyak mentah terbesar di dunia.



10 Negara yang Jadi 'Raja Minyak' se-Planet BumiFoto: Doc CNBC




Artikel Selanjutnya

Drama Harga Minyak, Bagaimana Nasib RI?


(dru)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading