Internasional

Ini Pernyataan The Fed yang Buat Bursa Global Merana

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
20 December 2018 12:11
Ini Pernyataan The Fed yang Buat Bursa Global Merana
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve menaikkan suku bunga acuannya, Rabu (19/12/2018), sesuai dengan ekspektasi pasar.

Kini, setelah kenaikan bunga acuan sebesar 25 basis poin tersebut, kisaran suku bunga AS menjadi 2,25%-2,5%. Bank sentral memproyeksikan akan ada dua kali kenaikan lagi di 2019.

Ini Pernyataan The Fed yang Buat Bursa Global MeranaFoto: Ketua Federal Reserve Board Jerome Powell (REUTERS/Yuri Gripas)

Selain itu, The Fed juga menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi Negeri Paman Sam untuk tahun ini dan tahun depan.


Berikut adalah pernyataan resmi The Fed setelah pertemuan yang diadakan selama dua hari sejak Selasa waktu setempat yang dikutip dari situs resmi bank sentral.



Desember 19, 2018

Informasi yang diterima sejak Federal Open Market Committee bertemu di November menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja terus menguat dan kegiatan ekonomi telah meningkat pada tingkat yang kuat. Penambahan pekerjaan cukup kuat, rata-rata, dalam beberapa bulan terakhir, dan tingkat pengangguran tetap rendah. Pengeluaran rumah tangga terus bertumbuh dengan kuat, sementara pertumbuhan investasi tetap bisnis telah berkurang dari kecepatannya yang cepat pada awal tahun. Dalam basis 12 bulan, baik inflasi keseluruhan dan inflasi untuk barang-barang selain makanan dan energi tetap mendekati 2%. Indikator ekspektasi inflasi jangka panjang sedikit berubah, seimbang.

Konsisten dengan mandat undang-undangnya, Komite berusaha untuk menjaga lapangan kerja dan stabilitas harga yang maksimum. Komite menilai bahwa beberapa kenaikan kisaran target federal funds rate secara bertahap akan konsisten dengan ekspansi kegiatan ekonomi yang berkelanjutan, kondisi pasar tenaga kerja yang kuat, dan inflasi di dekat tujuan simetris Komite 2% dalam jangka menengah. Komite menilai bahwa risiko terhadap prospek ekonomi secara kasar seimbang, tetapi akan terus memantau perkembangan ekonomi dan keuangan global dan menilai implikasinya terhadap prospek ekonomi.

Mengingat kondisi pasar kerja dan inflasi yang direalisasikan dan diharapkan, Komite memutuskan untuk menaikkan kisaran target federal funds rate menjadi 2-1/4% hingga 2-1/2%.

Dalam menentukan waktu dan ukuran penyesuaian federal funds rate di masa mendatang, Komite akan menilai kondisi ekonomi yang direalisasikan dan diharapkan relatif terhadap sasaran kerja maksimum dan sasaran inflasi simetris 2%. Penilaian ini akan mempertimbangkan berbagai informasi, termasuk ukuran kondisi pasar tenaga kerja, indikator tekanan inflasi dan ekspektasi inflasi, dan pembacaan pada perkembangan keuangan dan internasional.

Voting untuk tindakan kebijakan moneter FOMC adalah: Jerome H. Powell, Ketua; John C. Williams, Wakil Ketua; Thomas I. Barkin; Raphael W. Bostic; Michelle W. Bowman; Lael Brainard; Richard H. Clarida; Mary C. Daly; Loretta J. Mester; dan Randal K. Quarles.



Keputusan Mengenai Pelaksanaan Kebijakan Moneter

Federal Reserve telah membuat keputusan berikut untuk menerapkan kebijakan moneter yang diumumkan oleh Federal Open Market Committee (FOMC) dalam pernyataannya pada 19 Desember 2018:

*Dewan Gubernur Federal Reserve System dengan suara bulat menaikkan suku bunga yang dibayarkan pada saldo cadangan wajib dan berlebih hingga 2,40%, efektif 20 Desember 2018. Menetapkan tingkat suku bunga yang dibayarkan pada saldo cadangan wajib dan berlebih 10 basis poin di bawah di atas kisaran target federal funds rate dimaksudkan untuk mendorong perdagangan di pasar federal fund pada tingkat yang berada dalam kisaran target FOMC.

*Sebagai bagian dari keputusan kebijakannya, Federal Open Market Committee memutuskan untuk mengesahkan dan mengarahkan Open Market Desk di Federal Reserve Bank of New York, sampai diinstruksikan sebaliknya, untuk mengeksekusi transaksi dalam System Open Market Account sesuai dengan arahan kebijakan domestik berikut:

"Efektif 20 Desember 2018, Komite Pasar Terbuka Federal mengarahkan Desk untuk melakukan operasi pasar terbuka yang diperlukan untuk mempertahankan federal funds rate dalam kisaran target 2-1/4% hingga 2-1/2%, termasuk operasi repo overnight (dan membalikkan operasi pembelian kembali dengan jangka waktu lebih dari satu hari bila diperlukan untuk mengakomodasi akhir pekan, hari libur, atau konvensi perdagangan serupa) dengan tingkat penawaran 2,25%, dalam jumlah yang dibatasi hanya oleh nilai sekuritas Treasury yang diadakan langsung dalam System Open Market Account yang tersedia untuk operasi tersebut dan dengan batas per-counterparty sebesar US$30 miliar per hari.

Komite mengarahkan Desk untuk terus melaksanakan pembayaran pokok dari kepemilikan surat berharga Treasury Federal Reserve yang jatuh tempo dalam lelang selama setiap bulan kalender yang melebihi US$30 miliar, dan untuk terus menginvestasikan kembali dalam agen sekuritas berbasis mortgage, jumlah pembayaran pokok dari Kepemilikan Federal Reserve atas utang keagenan dan sekuritas beragun mortgage yang diterima selama setiap bulan kalender yang melebihi US$20 miliar. Penyimpangan kecil dari jumlah ini untuk alasan operasional dapat diterima.

Komite juga mengarahkan Desk untuk terlibat dalam transaksi roll dan pertukaran kupon dolar jika diperlukan untuk memfasilitasi penyelesaian transaksi sekuritas beragunan hipotek Federal Reserve."

*Dalam tindakan terkait, Dewan Gubernur Federal Reserve System dengan suara bulat menyetujui kenaikan poin sebesar 1/4 poin dalam tingkat kredit utama menjadi 3%, berlaku 20 Desember 2018. Dalam mengambil tindakan ini, Dewan menyetujui permintaan untuk menetapkan tarif yang diajukan oleh Dewan Direksi Bank Federal Reserve Boston, Cleveland, Richmond, Atlanta, Chicago, dan San Francisco.

Informasi ini akan diperbarui sebagaimana mestinya untuk mencerminkan keputusan dari Komite Pasar Terbuka Federal atau Dewan Gubernur mengenai rincian alat dan pendekatan operasional Federal Reserve yang digunakan untuk mengimplementasikan kebijakan moneter.

Informasi lebih lanjut mengenai operasi pasar terbuka dan reinvestasi dapat ditemukan di Situs web Federal Reserve Bank of New York. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading