Rupiah & Inflasi Makin Baik, Saham Bank Besar Jadi Buruan

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
03 December 2018 12:56
Rupiah & Inflasi Makin Baik, Saham Bank Besar Jadi Buruan
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga saham bank-bank besar melesat pada perdagangan sesi I dan membuat sektor keuangan menjadi pemimpin penguatan Indeks Harga Saham Gabungan.

Harga saham PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) naik 3,91% ke level Rp 930/saham. Saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) naik 3,87% ke level Rp 3.760/saham.

Lalu saham PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) naik 3,53% ke level Rp 8.800/saham. Lalu saham PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) melojak 3,38% ke level Rp 7.650/saham.

Demikian pula dengan saham PT Maybank Indonesia Tbk (BNII) naik 0,98% ke harga Rp 206/saham. Dan saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) naik 0,86% ke level Rp 26.275/saham.


Hari ini saham perbankan mendapat sentimen positif dari penguatan nilai tukar rupiah dan inflasi yang terkendali. Kedua sentimen tersebut diperkirkan bisa menjadi katalis peningkatan penyaluran kredit bank.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih menguat di perdagangan pasar spot hari ini. Dolar AS masih bertahan di kisaran Rp 14.200. Rupiah menguat 0,56% dibandingkan posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu. Penguatan rupiah semakin menjadi-jadi.

Sementara itu, inflasi Oktober berdasarkan pengumuman BPS tercatat sebesar 0,28% secara bulanan, lebih tinggi dibandingkan konsensus yang dihimpun CNBC Indonesia sebesar 0,17% MoM.

Inflasi yang lebih tinggi dari ekspektasi memberi sinyal bahwa depresiasi rupiah sudah mulai memberikan dampak negatif ke kantong masyarakat Indonesia.

Jika masyarakat mengurangi konsumsinya, maka pertumbuhan ekonomi tentu akan tertekan, mengingat konsumsi masyarakat membentuk lebih dari 50% Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. (hps/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading