Internasional

Capai Market Cap Terbesar, Microsoft & Apple Saling Jegal

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
27 November 2018 12:46
Capai Market Cap Terbesar, Microsoft & Apple Saling Jegal
New York, CNBC Indonesia - Microsoft sempat menyalip Apple, Senin (26/11/2018), sebagai perusahaan paling berharga di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar sebelum tergelincir kembali ke posisi kedua.

Menjelang pukul 18:00 GMT atau tengah malam waktu Indonesia, Microsoft mencapai nilai kapitalisasi pasar keseluruhan sebesar US$ 812,9 miliar (Rp 11.775 triliun), tepat di depan Apple yang senilai US$812,6 miliar, menurut Bloomberg News yang dikutip AFP.



Namun, lonjakan Microsoft ke posisi teratas hanya sesaat. Dalam perdagangan sore hari, kapitalisasi Apple mencapai US$822,9 miliar, sekitar US$7 miliar di atas Microsoft.

Indeks saham Nasdaq telah jatuh lebih dari 12% sejak akhir September, di mana nama-nama saham perusahaan teknologi besar mengalami penurunan yang curam. Baru bulan lalu, Amazon dan induk Google, Alphabet, juga mengalahkan kapitalisasi pasar Microsoft.

Capai Market Cap Terbesar, Microsoft & Apple Saling JegalFoto: Infografis/Saham Perusahaan Teknologi "FAANG" Anjlok/Aristya Rahadian Krisabella
Apple telah berada di bawah tekanan sejak pengumuman laba pada 1 November ketika melaporkan lonjakan tinggi dalam laba kuartalan tetapi mencatat penjualan iPhone yang lebih lemah dari yang diantisipasi dan prospeknya mengecewakan untuk periode liburan utama.



BACA: Perang Dagang, Trump Sasar Apple iPhone & Laptop dari China


Saham Apple telah jatuh sekitar 23% sejak akhir kuartal ketiga.

Microsoft, yang dipimpin oleh Satya Nadella dan fokus di cloud-computing dan bisnis lainnya, telah mengalami penurunan 6,7% harga sahamnya selama periode tersebut.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading