Astra Otopart Gandeng Toyoda Gosei Bikin Pabrik Komponen

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
26 November 2018 14:51
Astra Otopart Gandeng Toyoda Gosei Bikin Pabrik Komponen
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Astra Otopart Tbk (AUTO) mendirikan perusahaan patungan dengan partnernya yang juga produsen suku cadang asal Jepang, Toyoda Gosei Co., Ltd.

Kedua perusahaan bersepakat mendirikan perusahaan patungan dengan nama PT Toyoda Gosei Indonesia (TGID). Nilai investasi perseroan pada perusahaan patungan tersebut mencapai Rp 64,32 miliar.

"Tujuan pendirian TGID adalah untuk kepentingan perluasan usaha dan pemenuhan pelayanan kebutuhan komponen otomotif roda empat," kata Direktur AUTO Wanny Wijaya dalam keterbukaan informasi yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI).

AUTO tahun ini cukup aktif mengembangan usaha. Beberapa waktu lalu melalui anak usahanya, yaitu PT Ardendi Jaya Sentosa (AJS) dengan mitra usaha patungannya yakni PT Kiat Inovasi Indonesia dan PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia, mendirikan anak perusahaan baru dengan nama PT Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD).


Kepemilikan saham PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia secara tidak langsung juga dimiliki oleh anak usaha perseroan, yaitu melalui PT Velasto Indonesia (VIN).

Menurut informasi keterbukaan (BEI), nilai investasi pendirian anak usaha baru tersebut sebesar Rp 9,02 miliar yang dilakukan secara bertahap dan berkedudukan di Klaten, Jawa Tengah.

KMWD tersebut akan memiliki bisnis usaha memasarkan, menjual dan mendistribusikan unit dan suku cadang alat mekanis multiguna pedesaan serta menyediakan layanan dukungan teknis pascapenjualan.

Tujuan didirikannya KMWD tersebut merupakan upaya perseroan untuk meningkatkan perekonomian pedesaan dengan mendistribusikan alat mekanis multiguna pedesaan.

Selain sebagai alat angkut bagi barang dan penumpang, alat tersebut juga dilengkapi dengan sistem mekanisasi kepentingan berbagai budidaya dan pengolahan paska panen. (hps/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading