Wall Street Libur, Brexit & Italia Hantui Bursa Eropa

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
23 November 2018 06:28
Wall Street Libur, Brexit & Italia Hantui Bursa Eropa
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa-bursa Eropa turun dalam pada perdagangan hari Kamis (22/11/2018) karena investor masih mengkhawatirkan kelanjutan proses Brexit dan polemik anggaran Italia.

Indeks FTSE 100 di London anjlok 1,28% ke posisi 6.960,32, indeks DAX di Frankfurt terperosok 0,94% ke 11.138,49, dan indeks CAC 40 di Paris turun 0,75% menjadi 4.938,14.



Indeks Eropa Stoxx 600 melemah 0,65% dengan seluruh indeks berada di zona negatif, CNBC International melaporkan.


Perjalanan dan rekreasi menjadi sektor berkinerja terbaik dengan membukukan kenaikan 0,32% hari Kamis. Sementara itu, sektor sumber daya alam menjadi yang terburuk setelah anjlok 1,55%.

Proses Brexit terus mendominasi sentimen pasar hari Kamis. Poundsterling melompat 1,2% setelah pemimpin politik Inggris dan Uni Eropa (UE) menyepakati sebuah naskah perjanjian yang mengatur hubungan mereka di kemudian hari.

Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker mengatakan "Presiden Komisi telah menginformasikan kepada saya bahwa ini telah disepakati di level perundingan dan pada prinsipnya disepakati di level politik, bergantung pada pengesahan dari para pemimpin."

Perdana Menteri Inggris Theresa May mengatakan kemajuan telah terjadi dalam pembahasan rancangan perjanjian hubungan Inggris-UE yang merupakan perjanjian yang berbeda dengan kesepakatan Brexit. Para pemimpin UE akan bertemu hari Minggu dan diperkirakan akan menyetujui perjanjian Brexit.

Pemimpin kubu oposisi Partai buruh Jeremy Corbyn mengatakan kepada parlemen hari Kamis bahwa kesepakatan ini adalah yang terburuk di dunia.



Sementara itu, polemik anggaran Italia masih berlanjut dan Komisi Eropa mengumumkan pada hari Rabu telah memulai proses pendisiplinan untuk Italia.

Pasar saham Amerika Serikat libur hari Kamis untuk merayakan Thanksgiving. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading