Buka-Bukaan BI Soal Kondisi Sistem Keuangan RI

Market - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
15 November 2018 17:07
Bank Indonesia (BI) menegaskan stabilitas sistem keuangan masih tetap terjaga
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) menegaskan stabilitas sistem keuangan masih tetap terjaga, yang disertai dengan intermediasi perbankan yang meningkat, dan risiko kredit yang terjaga.

Lantas, bagaimana kondisi sistem keuangan terkini?

Dari sisi perbankan nasional, rasio kecukupan modal (CAR) bank pada tingkat aman yang mencapai 22,9%. Sementara itu, rasio likuiditas pun terjaga 19,2% pada September 2018.


"Ini meningkat dibandingkan posisi Agustus 2018 sebesar 18,3%. NPL tetap rendah yaitu sebesar 2,7% gross dan 1,2% net," kata Gubernur BI Perry Warjiyo, Kamis (15/11/2018).

Buka-Bukaan BI Soal Kondisi Sistem Keuangan RIFoto: Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo berbicara saat briefing media di kantor pusat Bank Indonesia di Jakarta, Indonesia, 15 November 2018. REUTERS / Willy Kurniawan


BI mencatat, pertumbuhan kredit perbankan di September 2018 tercatat sebesar 12,1% year on year (yoy), lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya 12,1% yoy.

Sementara itu, pertumbuhan dana pihak ketiiga (DPK) pada September 2018 sebesar 6,6% yoy, menurun dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya yang sebesar 6,9% yoy.

BI pun mencatat, pembiayaan melalui pasar modal, penerbitan saham, obligasi korporasi, medium term notes (MTN), dan negoitable certificate of deposit (NCD) selama Januari - September Rp 168,1 triliun.

Angka tersebut turun dibandingkan periode sama tahun lalu yang mencapai Rp 205,9 triliun," kata Perry.

Dengan berbagai perkembangan tersebut, BI memproyeksikan pertumbuhan kredit perbankan sepanjang tahun tumbuh sekitar 12% yoy, sementara pertumbuhan DPK tumbuh 8% yoy.

"BI akan terus memantau kecukupan dan distribusi likuiditas di perbankan agar tetap konsisten dengan upaya turut menjaga stabilitas keuangan," jelasnya.

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading