CAD Bengkak, Neraca Pembayaran Q3-2018 Defisit US$ 4,4 M

Market - Herdaru Purnomo, CNBC Indonesia
09 November 2018 17:37
CAD Bengkak, Neraca Pembayaran Q3-2018 Defisit US$ 4,4 M
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) mengumumkan defisit transaksi berjalan atau Current Account Deficit (CAD) pada kuartal III-2018 tercatat sebesar US$ 8,8 miliar.

Angka ini setara dengan 3,37% dari PDB. Membengkaknya CAD, menyebabkan Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) pada kuartal III-2018 mengalami defisit sebesar US$ 4,4 miliar.

Defisit NPI terjadi sejak kuartal I-2018 dan berlanjut hingga kuartal III-2018.

CAD Bengkak, Neraca Pembayaran Q3-2018 Defisit US$ 4,4 MFoto: Seorang pekerja di Pelabuhan Air Dalam Yangshan yang merupakan bagian dari Zona Perdagangan Bebas Shanghai, di Shanghai, China. Reuters Aly Song/File Photo



"Surplus transaksi modal dan finansial belum cukup untuk membiayai defisit transaksi berjalan, sehingga Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) pada triwulan III 2018 mengalami defisit sebesar US$ 4,4 miliar. Dengan perkembangan tersebut, posisi cadangan devisa pada akhir September 2018 menjadi sebesar US$ 114,8 miliar," tulis BI dalam keterangannya seperti dikutip CNBC Indonesia, Jumat (9/11/2018).

BI percaya, kinerja NPI diprakirakan membaik dan dapat terus menopang ketahanan sektor eksternal. "Koordinasi yang kuat dan langkah-langkah konkret yang telah ditempuh Pemerintah bersama dengan Bank Indonesia untuk mendorong ekspor dan menurunkan impor diyakini akan berdampak positif dalam mengendalikan defisit transaksi berjalan tetap berada di bawah 3%," terang BI.

Bank sentral terus mencermati perkembangan global yang dapat memengaruhi prospek NPI, seperti masih tingginya ketidakpastian di pasar keuangan global, volume perdagangan dunia yang cenderung menurun, dan kenaikan harga minyak dunia.

"Bank Indonesia akan terus memperkuat bauran kebijakan guna menjaga stabilitas perekonomian, serta memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah dalam mendorong kelanjutan reformasi struktural," tutup BI dalam siaran persnya.




(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading