Pipa Gas Duri-Dumai Mulai Beroperasi 4 November 2018

Market - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
29 October 2018 13:44
Pipa Gas Duri-Dumai Mulai Beroperasi 4 November 2018
Jakarta, CNBC Indonesia- Proyek pembangunan pipa gas Duri-Dumai yang semula ditargetkan akan beroperasi pada Oktober 2018, terpaksa harus mundur ke 4 November 2018 karena masih ada perizinan yang harus diselesaikan.

"4 November besok kami rencanya mau commissioning untuk pipa gas Duri-Dumai, sudah ada pelanggan di sana, dan sudah ada perjanjian jual-beli gas (PJBG) juga,"  tutur Direktur Infrastruktur dan Teknologi PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) Dilo Seno Widagdo saat ditemui CNBC Indonesia di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (29/10/2018).

Lebih lanjut, Dilo menjelaskan, saat ini pihaknya telah mengurus segala izin yang diperlukan agar pipa tersebut dapat beroperasi di 4 November mendatang. 


"Kan baru dapat izin sementara pas pembangunan. Sekarang kami mau tingkatkan izinnya, ke izin pengangkutan, niaga, dan banyak lagi. ESDM ini izin semuanya. Sebelumnya masih antara PGN dan Pertagas, tapi sekarang ini kan harus salah satu. Ini sekarang kami lagi bicarakan biar PGN saja," terangnya.

Sebagai informasi, pipa gas tersebut berdiameter 24 inci dan panjang kira-kira 64 kilometer. Titik awal adalah di Duri Meter Station pipa Grissik-Duri dan titik akhir di Kilang Pertamina Refinery Unit I Dumai. Gas yang dialirkan adalah milik Pertamina dan PGN dengan sumber gas dari blok Corridor, Blok Bentu, dan Blok Jambi Merang. 

Pipa Duri-Dumai akan menyalurkan gas untuk kilang Pertamina Dumai, kebutuhan industri di Riau, kebutuhan pelabuhan, industri petrokimia, dan juga rumah tangga. Dilo menuturkan, ada sekitar 200 KK yang akan dialirkan gas dari pipa tersebut.

Dengan demikian, nilai tambah ekonomi daerah dan nasional dapat terdongkrak, serta daya saing industri juga meningkat. 

Adapun gas yang dialirkan ke Kilang Dumai digunakan untuk konversi bahan bakar dari bahan bakar minyak (BBM) menjadi gas. Sehingga, kemampuan produksi kilang akan meningkat. Nilai investasi proyek diperkirakan sebesar US$52,2 juta dan menyerap tenaga kerja hingga 400 orang pada masa konstruksi. 

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading