Fokus Investor

IHSG Menguat Tipis di Awal Pekan, Cermati Aksi Emiten Berikut

Market - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
23 October 2018 07:43
IHSG Menguat Tipis di Awal Pekan, Cermati Aksi Emiten Berikut
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat tipis 0,05% ke level 5.840,44 poin mengawali perdagangan di awal pekan kemarin, Senin (22/10/18).

Nilai transaksi tercatat sebesar Rp 6 triliun dengan volume sebanyak 8,89 miliar unit saham. Frekuensi perdagangan adalah 314.829 kali.

Sementara itu, asing mencatatkan net sell Rp 64,5 miliar. Sedangkan sektor yang mengalami kenaikan terbesar adalah sektor industri infrastuktur (+1,69%) dan sektor yang mengalami penurunan terbesar ialah sektor perdagangan (-0,57%).


Berikut beberapa aksi emiten yang layak untuk dicermati di tengah musim laporan keuangan kuartal III-2018.


1. Kuartal III-2018, Laba Bersih CFIN Naik 37,66% Jadi Rp 226 M
PT Clipan Finance Indonesia (CFIN) mencatat laba bersih senilai Rp 226,16 miliar pada kuartal ketiga tahun ini. Jumlah tersebut meningkat 37,66% dibandingkan dengan laba bersih pada kuartal III-2017 senilai Rp 164,28 miliar.

Berdasarkan keterbukaan Bursa Efek Indonesia (BEI), kinerja positif bottom line perusahaan didorong oleh kenaikan pendapatan perseroan pada periode tersebut.


2. Kuartal III-2018, Marketing Sales BSDE Naik 12% Jadi Rp 5,4 T
PT Bumi Serpong Damai (BSDE) mencatatkan nilai pra-penjualan (marketing sales) Rp 5,4 triliun pada kuartal III-2018 atau meningkat 12% secara tahunan atau year-on-year (YoY) dibandingkan dengan pra penjualan pada periode yang sama tahun lalu senilai Rp 4,8 triliun.

Jumlah tersebut setara dengan 75% dari target pra penjualan perseroan pada tahun ini yakni senilai Rp 7,2 triliun.


3. IPO, Perusahaan Logistik Ini Jual Saham Rp 120-Rp 165/Lembar
PT Dewata Freight International akan melepaskan sebanyak 300 juta sahamnya atau setara dengan kepemilikan sebesar 24,79% ke publik melalui mekanisme penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO). Saham ini ditawarkan dengan harga Rp 120-Rp 165 per saham.

Direktur Utama Dewata Freight International Bimada mengatakan IPO ini dilakukan perusahaan dengan tujuan untuk mengembangkan usaha perusahaannya sehingga ke depannya bisnis perusahaan menjadi lebih meningkat.


4. SSMS Tunjuk Mantan Bos Bursa Efek Indonesia Sebagai Komisaris
PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) menetapkan Ito Warsito, mantan direktur utama Bursa Efek Indonesia (BEI), sebagai komisaris perusahaan. Penunjukan itu ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar hari ini.

Direktur Utama SSMS Vallauthan Subraminam mengatakan penunjukan Ito sebagai komisaris bertujuan memperkuat tata kelola perusahaan.


5. Makin Kisruh, Ini Jajaran Direksi & Komisaris AISA yang Baru
Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) resmi menunjuk jajaran direksi dan komisaris baru.

Dalam RUPSLB tersebut juga diputuskan, menggentikan jajaran direksi lama yang dipimpin oleh Stefanus Joko Mogoginta. Selain itu, RUPSLB yang berlangsung hari ini resmi dilaksanakan setelah 56% suara dari pemegang saham hadir.

Rapat ini juga menyetujui pengangkatan Hengky Koestanto sebagai Direktur Utama Perseroan yang baru.


6. TBIG Beri Pinjaman Cucu Usaha Rp 628 M untuk Bayar Utang
PT Tower Bersama Infrastructure (TBIG) memberikan pinjaman dana senilai Rp 628 miliar kepada PT Solu Sindo Kreasi Pratama (SKP) yang merupakan perusahaan yang masih terafiliasi.

Berdasarkan keterbukaan informasi dari Bursa Efek Indonesia (BEI), TBIG yang mengendalikan SKP secara tidak langsung, yakni dengan memiliki penyertaan saham secara tidak langsung sebesar 99,71% pada saham SKP. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading