Lirik Investor di Indonesia Timur, BEI Gelar Investor Summit

Market - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
27 September 2018 13:20
Lirik Investor di Indonesia Timur, BEI Gelar Investor Summit
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Efek Indonesia (BEI) menggelar rangkaian acara Investor Summit 2018 di kota Makassr Sulawesi Selatan hari ini. Dalam acara ini, tercatat 150 investor menghadiri acara yang diisi oleh 5 emiten di mana salah emitennya adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI).

Kepala Divisi Riset dan Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Verdi Ikhwan mengatakan saat ini investor tercatat yang berasal dari kota Makassar telah mencapai 15 ribu orang atau sekitar 1,5% hingga 2% dari total investor yang ada saat ini.

"Kami melihat antusiasnya cukup tinggi ya, artinya keinginan investor untuk bertemu denga emiten itu tinggi sekali. Jadi kota ini yang terkahir dari sekitar 8 kota," ujar Verdi di Claro Hotel, Kamis (27/8/18).


Ia menambahkan, dari gelaran rangkaian Investor Summit yang diadakan tahun ini, tercatat jumlah peserta melebihi ekspektasi yakni sekitar 1.7500 orang.

"Targetnya 8 kota itu ada sekitar 1.300 peserta investor, namun sampai terakhir itu sudah 1.600 orang di 7 kota terakhir," tambah Verdi.

Lebih lanjut, dengan jumlah investor lokal yang hampir mencapai 52% saat ini, BEI ingin lebih meningkatkan kesempatan investor baru yang berasal dari lokal untuk ikut andil dalam pasar modal Indonesia.

Menurutnya, terdapat dua sisi positif apabila investor lokal terus mendominasi pasar dalam negeri. Diantaranya banyaknya nilai transaksi yang berasal dari pelaku pasar dalam negeri, ditambah dengan keetrtarikan dan literasi masyarakat yang lebih baik dalam industri pasar modal.

"Tantangannya adalah kita tetap eprlu asing masuk, karena itu jadi gambaran kepercayaan internasional kepada kita. Jadi dua-duanya kami garap, cuman kami ingin lokal porsinya besar tapi bukan karena asing yang keluar," tambah Verdi.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading