Ringgit Melemah, Liburan ke Malaysia Jauh Lebih Murah

Market - Alfado Agustio, CNBC Indonesia
21 September 2018 11:32
Kurs rupiah perkasa terhadap ringgit Malaysia siang ini
Jakarta, CNBC Indonesia- Kurs rupiah perkasa terhadap ringgit Malaysia siang ini. Tingkat inflasi di Malaysia yang di bawah ekspektasi, menyebabkan mata uang domestik tertekan. 

Pada Jumat (21/09/2018) pukul 11:27 WIB, 1 ringgit dibanderol Rp 3.580 di pasar spot. Rupiah menguat 0,20 % dibandingkan penutupan kemarin. 




Kantor statistik Malaysia melaporkan, tingkat inflasi di Negeri Jiran per Agustus tumbuh 0,2% Year-on-Year (YoY) lebih rendah dari Juli 2018 sebesar 0,9%. Angka ini jauh lebih rendah dari konsensus trading economics sebesar 1,5%. 

Tingkat Inflasi yang turun sudah diproyeksi seiring dengan perlambatan ekonomi di negara tersebut. Kantor statistik setempat melaporkan, tingkat Produk Domestik Bruto tumbuh 4,5% YoY atau lebih rendah dari periode yang sama di 2017 sebesar 5,8%. 

Inflasi yang turun, menjadi sentimen negatif bagi mata uang domestik. Sebab, angka ini masih jauh dari target bank sentral yaitu di kisaran 2,5-3,5% tahun ini. Artinya, pengetatan moneter kemungkinan makin lama. 

Di sisi lain, penguatan rupiah terhadap ringgit menjadi kabar baik bagi para traveler. Uang akomodasi yang dikeluarkan akan lebih sedikit sehingga tidak perlu menguras isi kantong terlalu dalam, terlebih saat ini merupakan periode tanggal tua.  

(alf/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading