IHSG Anjlok, Ini Syarat BEI Bisa Hentikan Transaksi Bursa

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
10 September 2018 13:26
IHSG Anjlok, Ini Syarat BEI Bisa Hentikan Transaksi Bursa
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks harga saham gabungan (IHSG) bergerak volitil belakangan ini karena dampak pelemahan rupiah terhadap dolar AS. Salah satunya koreksi yang cukup dalam terjadi pada Kamis (5/9/2018) di mana IHSG sempat koreksi 4,5% dalam sehari.

Ternyata, Bursa Efek Indonesia (BEI) berhak untuk menghentikan perdagangan bursa jika memenuhi beberapa kriteria khusus. Salah satunya adalah jika terjadi kondisi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang mengalami koreksi dalam.

Berdasarkan Surat Keputusan Direksi BEI Nomor kep-00366/BEI/05-2012 disebutkan bahwa dengan kondisi indeks turun lebih dari 10% maka BEI berhak untuk memberlakukan pembekuan sementara perdagangan (trading halt) selama 30 menit intraday.


Kemudian penghentian 30 menit dilakukan namun indeks tetap kembali turun hingga lebih dari 15% maka bursa berhak untuk memberlakukan seluruh perdagangan (trading suspend) sampai akhir sesi perdagangan, atau lebih dari satu sesi. Tentu saja untuk mengambil keputusan penghentian perdagangan ini bursa perlu mendapat persetujuan dari Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) atau saat ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain dari kondisi tersebut, BEI juga memiliki pertimbangan lainnya untuk memberlakukan trading halt dan trading suspend selama masa perdagangan. Secara lengkap, simak tabel berikut.

Foto: CNBC Indonesia


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading