Ikuti Jejak Wall Street, Indeks Strait Times Dibuka Menguat

Market - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
27 August 2018 08:41
Ikuti Jejak Wall Street, Indeks Strait Times Dibuka Menguat
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Strait Times dibuka menguat 0,32% ke level 3.223,4. Dari 30 saham yang menghuni indeks acuan bursa saham Singapura tersebut, sebanyak 22 mencatatkan kenaikan harga, 7 saham ditransaksikan melemah, sementara 1 saham tak mencatatkan perubahan harga.

Indeks Strait Times berhasil mengekor bursa saham AS yang menguat pada perdagangan terakhir di pekan kemarin (24/8/2018). Kala itu, Dow Jones naik 0,52%, indeks S&P 500 menguat 0,62%, dan indeks Nasdaq bertambah 0,97%.

Pidato Gubernur The Federal Reserve Jerome Powell di Jackson Hole memberikan suntikan tenaga bagi bursa saham Negeri Paman Sam, sebelum akhirnya menjalar ke Asia. Dalam pidato tersebut, Powell menyebutkan kenaikan suku bunga acuan merupakan langkah terbaik untuk melindungi pemulihan ekonomi Negeri Paman Sam.


"Ekonomi kita kuat. Inflasi mendekati target 2%, dan banyak orang sudah mendapatkan pekerjaan. Jika pertumbuhan pendapatan dan penciptaan lapangan kerja ini terus terjadi, maka kenaikan suku bunga acuan secara bertahap memang sudah selayaknya dilakukan," sebut Powell, mengutip Reuters.

Pernyataan Powell tersebut mengonfirmasi bahwa ekonomi AS memang sedang berada dalam kondisi yang baik. Di sisi lain, Powell juga menyebut bahwa sejauh ini AS belum mengalami masalah inflasi. Hal ini lantas diartikan pelaku pasar bahwa the Fed memang masih akan menaikkan suku bunga acuan pada tahun ini, namun kenaikannya belum tentu mencapai 4 kali seperti yang direncanakan.

TIM RISET CNBC INDONESIA (ank/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading