Tunggu Izin OJK, BRI Agroniaga Buka Layanan Fintech Tahun Ini

Market - Gita Rossiana, CNBC Indonesia
21 August 2018 08:55
Tunggu Izin OJK, BRI Agroniaga Buka Layanan Fintech Tahun Ini
Jakarta, CNBC Indonesia - PT BRI Agroniaga Tbk (AGRO) berencana untuk meluncurkan layanan finansial teknologi (fintech) pada tahun ini untuk meningkatkan sektor pembiayaan melalui layanan digital.

Direktur Operasional dan Keuangan AGRO Zainuddin Mappa mengatakan saat ini proses peluncuran layanan fintech tersebut masih dalam tahap finalisasi menunggu izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Sekarang masih dalam proses, kami akan pastikan untuk di announce pasti dalam tahun ini karena menunggu subject dari pihak regulator ya," ujarnya The Ritz Carlton Hotel Pasific Place, Senin (20/8/18).


Menurutnya, peluncuran layanan fintech tersebut merupakan bagian dari target perseroan menjadikan AGRO sebagai bank agrikultur yang dapat melakukan pelayanan penuh secara digital tanpa harus melakukan pelayanan di kantor-kantor pusat dan cbang pembantu.

Untuk tahap awal digitalisasi, perseroan bekerja sama dengan induk usahnya yaitu PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) untuk memanfaatkan teknologi digitalnya dan bisa dipakai penuh untuk perseroan.

"Data kami meunjukkan kalau 82% itu transaksi dilakukan sudah melalui non office, jadi kami sudah ada e-channel yang kami share dengan BRI. Jadi kedepannya, proses pengembangan akan dilakukan pada segmen e-channel itu," tambahnya.

Sementara itu, layanan fintceh tersebut direncanakan memberikan pembiayaan bagi sektor-sektor ritel dengan rata-rata pembiayaan senilai Rp 3 juta hingga Rp 4 juta.

Seluruh layanan fintech akan dimaksimalkan dan difokuskan paska perseroan selesai menambah modal intinya untuk menaikkan kategori BUKU 3 dari sebelumnya BUKU 2 yang diperkirakan direalisasikan pada Oktober mendatang.

"Jadi untuk layanan tersebut, kami masih lakukan pengembangan. Bahkan BRI menyewa satu orang khusus dari Silicon Valley AS untuk layanan fintech ini," ungkap Zainuddin.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading