OJK Proses Rencana BCA untuk Akuisisi Dua Bank

Market - Gita Rossiana, CNBC Indonesia
15 August 2018 18:32
OJK Proses Rencana BCA untuk Akuisisi Dua Bank
Jakarta, CNBC Indonesia - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan, pihaknya sudah memproses rencana PT. Bank Central Asia Tbk ( BBCA) untuk mengakuisisi dua bank kecil. Perampungan akuisisi tersebut diharapkan bisa rampung dalam waktu sebulan atau dua bulan ke depan.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana menjelaskan, BCA sudah datang ke OJK untuk merealisasikan akuisisi tersebut. "BCA sudah datang ke kami, mereka katanya ingin mengambil dua bank, mudah-mudahan bisa segera selesai," ucap dia di Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Di sisi lain, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menyatakan, pihaknya memang sudah mendapatkan persetujuan dari OJK terkait akuisisi dua bank. BCA pun sudah mendiskusikan terkait adanya perlakuan khusus (diskresi) dalam akuisisi tersebut.


Jahja menjelaskan, informasi mengenai diskresi ini sudah dibicarakan secara informal dengan OJK. "Secara informal kami sudah bicara, asal ambil dua bank bisa dapat diskresi,"ujar dia.

Hal terpenting dari regulator, menurut Jahja adalah agar BCA bisa mengakuisisi dua bank sehingga terjadi pengurangan jumlah bank.

Sementara terkait bentuk bank yang akan dibentuk, Jahja mengungkapkan, skemanya masih terbuka. Pertama bisa dengan menggabungkan dua bank dan menjadikan satu bank yang independen atau perseroan memanfaatkan diskresi yang diberikan OJK dengan meleburkan satu bank ke dalam BCA.

"Semua masih on progress, kami harapkan dalam sebulan atau dua bulan ini bisa selesai,"kata dia.



(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading