Lira Melemah Lagi, Indeks Strait Times DIbuka Turun Tipis

Market - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
15 August 2018 08:45
Indeks Strait Times dibuka melemah 0,06% ke level 3.240,93.
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Strait Times dibuka melemah 0,06% ke level 3.240,93. Dari 30 saham yang menghuni indeks acuan bursa saham Singapura tersebut, sebanyak 15 mencatatkan penurunan harga, 11 saham ditransaksikan menguat, sementara 4 lainnya tak mencatatkan perubahan harga.

Penguaran lira pada perdagangan kemarin yang mencapai 7,37% melawan dolar AS tak berhasil mengangkat kinerja bursa saham Singapura. Pasalnya, pada perdagangan hari ini lira melemah kembali, yakni sebesar 0,71%.

Ketika lira kembali melemah, lantas ketakutan mengenai tekanan terhadap bank-bank yang meminjamkan uang kepada nasabah di Turki menjadi mencuat kembali. Walaupun Singapura tak banyak memberikan pinjaman ke Turki, ketakutan yang ada tetap saja membuat investor menghindari instrumen berisiko seperti saham.


Kemarin, lira menguat lantaran bank sentral Turki menenangkan investor global dengan menyatakan bahwa mereka akan menyediakan sebanyak mungkin likuiditas bagi bank-bank dalam negeri. Selain itu, bank sentral juga siap sedia dalam memantau perkembangan dari krisis ekonomi di Negeri Kebab.

Lebih lanjut, Menteri Keuangan Turki Berat Albayrak mengatakan bahwa pemerintah akan melindungi nilai tukar lira, sembari menambahkan bahwa ia berpendapat nilai tukar lira akan menguat.

Tidak ada rilis data ekonomi yang dijadwalkan di Singapura pada hari ini.

TIM RISET CNBC INDONESIA
(ank/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading