Sandiaga Uno Jadi Cawapres, Bagaimana Saham Perusahaannya?

Market - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
09 August 2018 14:52
Sandiaga Uno Jadi Cawapres, Bagaimana Saham Perusahaannya?
Jakarta, CNBC Indonesia - Saham PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) melesat hingga 4,35% pada perdagangan hari ini. Kenaikan harga saham SRTG diikuti dengan volume transaksi yang tinggi yakni sebanyak 120.300 unit, sudah mengalahkan rata-rata volume transaksi harian yang sebanyak 20,836 unit.

Kenaikan harga saham SRTG disinyalir merupakan dampak dari mencuatnya kabar bahwa salah satu pemiliknya yakni Sandiaga Uno akan maju dalam kontestasi pemilu 2019 sebagai calon wakil presiden, mendampingi Prabowo Subianto selaku calon presiden.

Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Hashim Djojohadikusumo pada hari ini bahkan memberi kode bahwa Sandiaga memang akan diusung menjadi cawapres.


"Deklarasi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno?" tanya awak media kepada Hashim.

"Deklarasi, deklarasi. Kecuali kalau ada Tuhan menentukan (pasangan) lain ya," jawab Hashim.

Sandiaga memang terkenal sebagai sosok pebisnis yang memiliki nama di pasar modal, seiring dengan kepemilikannya atas saham SRTG yang besar. Mengutip Reuters, saat ini Sandiaga memiliki 27,8% dari total saham beredar SRTG atau sebanyak 754,12 juta saham.

SRTG sendiri merupakan investment holding company yang memiliki fokus pada 3 sektor: konsumsi, infrastruktur, dan sumber daya alam. Beberapa portfolio perusahaan yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah: PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Provident Agro Tbk (PALM), PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG), PT Nusa Raya Cipta Tbk (NRCA), dan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX).

Hingga berita ini diturunkan, harga saham ADRO melemah 3,02%, TBIG melemah 2,6%, NRCA naik 1,05%, dan MPMX naik 0,99%. Sementara itu, harga saham PALM stagnan di level Rp 280/saham. (ank/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading