Terungkap! Merger BTPN dan SMBCI Sudah Disiapkan Sejak 2013

Market - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia 04 August 2018 15:46
Terungkap! Merger BTPN dan SMBCI Sudah Disiapkan Sejak 2013
Jakarta, CNBC Indonesia - Pengabungan usaha atau merger antara PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) dengan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia (SMBCI) ternyata sudah disiapkan sejak 2013 lalu, atau setelah Sumitomo Mitsui Banking Corporation mengakuisisi BTPN.

"Proses merger pemikirannya sudah lama, jadi bukan sesuatu yang mendadak. Kami memulai awal pemikiran merger sejak SMBC menjadi pemilik saham BTPN," ujar Direktur Utama BTPN Jerry Ng, Jumat (3/8/2018).

Menurutnya, alasan kuat kenapa merger dilakukan karena di perbankan bahwa besarnya aset menjadi hal penting. "Di perbankan size matters, jadi secara natural merger (BTPN dan SMBCI) adalah sesuatu yang pasti terjadi," ujar Jerry.


Selain itu, tuturnya, konsolidasi perbankan sejalan dengan kebijakan dari Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Pemerintah. Sebagai informasi, saat ini jumlah bank umum di Indonesia masih di atas 100 perusahaan yang sebagian besar merupakan bank menengah dan kecil.

"Konsisten sekali para regulator mendorong terjadi konsolidasi di perbankan," ujar Jerry.

Jerry menambahkan, bahwa merger antara BTPN dan SMBCI, yang keduanya merupakan anak usaha SMBC, merupakan perkawinan yang ideal. "BTPN saat ini fokus di pasa menengah ke bawahm sementara SMBCI fokus ke pasar korporasi. Jadi penggabungan ini secara praktis tidak ada overlapping," tuturnya.

BTPN dan dan SMBC resmi memulai proses penggabungan usaha. SMBCI akan melebur ke dalam BTPN sebagai entitas penerima penggabungan. Adapun laporan keuangan audited yang digunakan dalam proses merger ini adalah 31 Mei 2018.

BTPN sebagai entitas baru hasil merger akan memiliki proforma total aset sebesar Rp 178,88 triliun pada akhir Mei 2018. Sementara itu, SMBC sebagai pengendali akan memiliki kepemilikan sebesar 56,43% terhadap entitas baru hasil merger.





(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading