Resmi! MUFG Jadi Pemegang Saham Pengendali Bank Danamon

Market - Gita Rossiana, CNBC Indonesia
03 August 2018 18:35
Resmi! MUFG Jadi Pemegang Saham Pengendali Bank Danamon
Jakarta, CNBC Indonesia - The Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ (MUFG) telah meningkatkan kepemilikan sahamnya di PT. Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) menjadi 40%. Informasi ini diperoleh dari pemegang saham pengendali BDMN, yakni Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd. (AFI), anak perusahaan Fullerton Financial Holdings Pte. Ltd.

"Peningkatan kepemilikan saham ini berlaku sejak 3 Agustus 2018. MUFG mengakuisisi (secara langsung atau tidak langsung) saham tambahan sebesar 20,1% dari AFI dan entitas terafiliasi lainnya," tulis Bank Danamon melalui keterangan tertulis yang diterima CNBC Indonesia, Jumat (3/8/2018).

Hal ini merupakan bagian dari tahap 2 atas rencana transaksi yang diajukan sesuai dengan pengumuman MUFG Bank pada tanggal 26 Desember 2017.


Adapun tambahan 20,1% saham dalam Bank Danamon dibeli berdasarkan hasil penilaian atas Bank Danamon dengan harga Rp.8.921 per saham. Nilai ini didasarkan atas nilai buku kuartal II-2018 sebesar 2,0x Price to Book ratio dengan penyesuaian-penyesuaian tertentu.

MUFG Bank sekarang telah menjadi pemegang saham pengendali dengan kepemilikan saham sebesar 40%. AFI tetap menjadi pemegang saham pengendali dengan kepemilikan saham sebesar 33,8% di Bank Danamon.

Sebelumnya, terjadi perdagangan saham Bank Danamon sebesar Rp 16,3 triliun. Hal ini terjadi lada pukul 09:01, terdapat 2 transaksi di pasar negosiasi atas saham BDMN dengan jumlah unit dan harga yang sama, yakni masing-masing sebesar 915,33 juta unit dan Rp 8.921/unit.

Dalam kedua transaksi tersebut, pihak pembeli menggunakan broker Mandiri Sekuritas (CC), sementara pihak penjual menggunakan broker Credit Suisse (CS).


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading