Melaju Kencang, Dalam Sepekan Saham TCPI Naik 107%

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
03 August 2018 09:50
Melaju Kencang, Dalam Sepekan Saham TCPI Naik 107%
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga saham PT Transcoal Pacific Tbk (TCPI) menguat pada  15 menit pertama perdangan hari ini. Harga saham TCPI sudah naik 15,46% ke harga Rp 4.630 per saham sejak pembukaan perdagangan pagi ini.

Volume transaksi saham ini tercatat mencapai 3,1 juta saham senilai Rp 13,9 miliar. Dari awal tercatat di bursa harga saham perseroan sudah besar sekali, padahal harga penawaran awalnya hanya sebesar Rp 138 per sahamm. Dalam sepeken terakhir harga saham perseroan sudah naik 107,69%.

BEI sempat menghentikan perdagangan saham PT Transcoal Pacific Tbk (TCPI) sejak perdagangan hari (24/7/2018). Suspensi ini dilakukan dalam rangka cooling down setelah harga naik tinggi. Penghentian ini dilakukan di pasar reguler dan pasar tunai.


Saham TCPI pertama kali dicatatkan di BEI pada 6 Juli 2018. Dana dari IPO ini akan digunakan perusahaan seluruhnya untuk tambahan modal kerja untuk operasional perusahaan. Pemegang saham perusahaan usai IPO adalah PT Sari Nusantara Gemilang 56%, PT Karya Permata Insani 24%, dan publik 20%.

Untuk mendorong pertumbuhan kinerja perseroan, membeli floating storage senilai US$ 1 juta. Perusahaan menargetkan dari usaha ini perusahaan bisa mengantongi pendapatan senilai Rp 50 miliar-Rp 60 miliar.

Selain itu, perusahaan juga akan melakukan pembelian tiga tug boats (kapal tongkang) baru untuk menutup permintaan yang selama ini dipenuhi dengan menyewa kapal dari pihak ketiga.

Perusahaan memiliki kapasitas pengangkutan mencapai 600 ribu ton per bulan. Dengan demikian, sepanjang tahun perusahaan akan mengangkut batu bara sebanyak 5 juta ton. (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading