Fitch Angkat Peringkat Kelangsungan Bisnis BRI

Market - Irvin Avriano, CNBC Indonesia
31 July 2018 20:31
Fitch Angkat Peringkat Kelangsungan Bisnis BRI
Jakarta, CNBC Indonesia - Lembaga pemeringkat Fitch Ratings menaikkan peringkat kelangsungan bisnis (viability rating/VR) PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) menjadi bbb- dari sebelumnya bb+. 

Aksi penaikan peringkat VR BBRI oleh Fitch mencerminkan penilaian bahwa bank terbesar di Indonesia ini akan tetap menjaga posisinya dan menjaga profitabilitas di atas pesaingnya dengan tingkat pemodalan yang memuaskan ketika iklim operasional perbankan menguat. 

Jaringan distribusi perusahaan juga dinilai sebagai yang terluas di industri dengan kekuatan cabang yang tidak mampu tersaingi di segmen pinjaman mikro pedesaan sehingga mendukung kenaikan margin usaha bank BUMN tersebut. 


Kualitas aset bank yang dipimpin Suprajarto tersebut memang sedikit melemah sepanjang kuartal I-2018, tetapi masih lebih baik dibandingkan pesaing dan masih akan tetap didukung oleh fundamental kredit yang kuat dengan disokong eksposur kredit yang terdiversifikasi. 

Pada saat yang sama, Fitch Ratings juga menetapkan kembali peringkat risiko utang (IDR) BBRI dan bank BUMN lain, beserta anak-anak usaha bank BUMN tersebut. 


TIM RISET CNBC INDONESIA


(ags/ags)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading