Puas Kinerja 4 Tahun Terakhir, Jokowi Patok Inflasi 2%

Market - Arys Aditya, CNBC Indonesia
26 July 2018 12:05
Puas Kinerja 4 Tahun Terakhir, Jokowi Patok Inflasi 2%
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) merasa puas dengan kinerja kepala daerah se-Indonesia yang dinilai berhasil dalam pengendalian inflasi dalam empat tahun terakhir atau sepanjang masa kepresidenannya.

Ia mencatat, dalam 4 tahun terakhir, inflasi tahunan berhasil ditekan berada di bawah level 4%, yaitu 3,35% pada 2015, 3,02% pada 2016 dan tahun lalu sebesar 3,61%.

"Lompatan seperti ini harus terus kita lanjutkan karena saya lihat sekarang koordinasi antara pusat dan daerah semakin baik," kata Jokowi dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2018, Kamis (26/7/2018).


Dia juga menyampaikan apresiasi terhadap kehadiran satuan tugas pangan pusat dan daerah yang dinilai mampu mengantisipasi gejolak harga pangan.

Ia bahkan mematok target inflasi ambisius untuk tahun-tahun ke depan. Target itu diyakini bisa membuat Indonesia sejajar dengan negara-negara maju.



"Saya kira kalau ini kita teruskan kita akan memiliki inflasi yang stabil yang kita harapkan semakin tahun semakin turun semakin turun dan kita harapkan nanti di antara 1%-2% itu target kita, stabilitas harga betul-betul bisa kita jaga."

Untuk mencapai target itu, Kepala Negara mengatakan para gubernur dan kepala daerah tingkat II harus bekerja keras mengawasi pasokan pangan pokok yang banyak berkontribusi terhadap inflasi.

"Jadi tolong dilihat betul. Kita ini sering terjebak dalam rutinitas yang administratif, tanda tangan kebijakan, tanda tangan, tanda tangan, tapi lapangannya tidak sering dipantau. Tolong lihat angka-angka inflasinya naik atau turun."


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading