Internasional

Yahoo Japan Buyback Saham Rp 28,7 T dari SoftBank

Market - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
10 July 2018 12:08
Kabar tersebut muncul saat SoftBank bersiap melakukan listing untuk unit telekomunikasi domestiknya dengan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO).
Tokyo, CNBC Indonesia - Yahoo Japan Corp membeli kembali sahamnya dengan nilai sekitar US$2 miliar atau Rp 28,6 triliun dari SoftBank Group Corp sebagai bagian dari perjanjian tiga arah dengan para pemegang saham terbesarnya, yaitu perusahaan investasi asal Amerika Serikat (AS) Altaba Inc dan SoftBank.

Perjanjian itu akan membuat Altaba, yang sebelumnya adalah raksasa internet Yahoo! Inc, menjual sahamnya di Yahoo Japan dengan harga murah (sell down) sekitar $2 miliar dan SoftBank sedikit meningkatkan sahamnya di Yahoo Japan menjadi sekitar 48%.


Menurut susunan perjanjian yang dilansir dari Reuters, SoftBank akan membeli saham Yahoo Japan senilai 221 miliar yen (Rp 28,5 triliun) dari Altaba, yang merupakan pemegang saham kedua terbesar melalui penawaran tender seharga 360 yen per saham atau setara dengan penutupan di hari Senin.

Yahoo Japan kemudian akan membeli kembali saham senilai 220 miliar yen dari SoftBank. Hasil dari transaksi ini adalah kepemilikan SoftBank di Yahoo Japan akan naik menjadi 48,17% dari 42,95% saat ini, sementara Altaba akan memiliki 27%.


Altaba sudah menjual sahamnya di Yahoo Japan dengan harga murah. Dua anggota yang ditunjuk Altaba di dalam jajaran direksi Yahoo Japan akan mundur sebagai akibat dari transaksi yang diumumkan hari Selasa (10/8/2018).

SoftBank mengatakan dalam sebuah pernyataan, kesepakatan itu akan memperkuat kerja sama antara perusahaannya, salah satu dari tiga perusahaan telekomunikasi terbesar di Jepang dan Yahoo Japan, raksasa internet di area-area seperti berita dan perbelanjaan.

Kabar tersebut muncul saat SoftBank bersiap melakukan listing untuk unit telekomunikasi domestiknya dengan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) Jepang terbesar dalam hampir dua dekade.

Saham Yahoo Japan naik hampir 12% dalam perdagangan pagi hari di Tokyo. Sementara itu saham SoftBank naik 2% dengan patokan indeks Nikkei 225 yang naik 1%.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading