Batavia Trans Akan Bentuk Anak Usaha Lelang Kendaraan

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
09 July 2018 11:51
memiliki perusahaan pelelangan menjadi hal yang lumrah bagi sebuah perusahaan penyewaan kendaraan
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Batavia Prosperindo Trans Tbk (BPTR) akan membentuk anak usaha yang bergerak di bidang pelelangan kendaraan bekas dalam 2-3 tahun ke depan. Perusahaan menilai pasar kendaraan bekas masih bagus mengingat permintaan yang juga tak sedikit.

Direktur Utama Batavia Prosperindo Trans Paulu Handigdo mengatakan memiliki perusahaan pelelangan menjadi hal yang lumrah bagi sebuah perusahaan penyewaan kendaraan, sehingga targetnya perusahaan juga akan membentuk anak usahanya.

"Kalau sekarang kan masih bekerja sama dengan pihak ketiga untuk pelelangan kendaraan. Kami perbarui kendaraan dengan siklus empat tahun jadi baru akan mulai tahun depan karea kita berdiri kan awal 2015," kata Paulus di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (9/7).


Hingga saat ini perusahaan memiliki 2.300 unit kendaraan dengan porsi 55%-60% merupakaan kendaraan passanger (penumpang) dan sisanya merupakan light truck. Jumlah ini meningkat dari akhir tahun lalu yang hanya sebanyak 1.900 unit.

Ditargetkan hingga akhir tahun perusahaan akan memiliki jumlah kendaraan sebanyak 2.500 unit. Sementara, jumlah klien ditargetkan bisa meningkat hingga 400 institusi dari 365 yang sudah ada saat ini.

Direktur perusahaan Rima Puspita mengatakan bahwa saat ini perusahaan hanya memiliki klien institusi, terbesar adalah dari sektor food and beverage kemudian diikuti oleh sektor perbankank dan logistik. Dia menilai, belakangan sudah mulai tumbuh klien dari perusahaan yang bergerak di industri e-commerce.

"Tahun lalu dari e-commerce itu menyumbangkan pendapatan kurang lebih sampai 30% dari total pendapatan," kata dia.

Tahun ini perusahaan membidik klien baru yang bergerak di bidang usaha infrastruktur mengingat maraknya pembangunan infrastruktur di Indonesia.



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading