Aktivitas Manufaktur Mengecewakan, Indeks Shanghai Melemah

Market - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
02 July 2018 08:57
Aktivitas Manufaktur Mengecewakan, Indeks Shanghai Melemah
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Shanghai dibuka melemah 0,21% ke level 2.841,58. Sentimen negatif bagi bursa saham China datang dari rilis data ekonomi pada akhir pekan kemarin. Pada hari Sabtu (30/6/2018), manufacturing PMI periode Juni versi China Federation of Logistics and Purchasing diumumkan di level 51,5, lebih rendah dari konsensus yang dihimpun oleh Reuters di level 51,6.

Sebagai catatan, angka di atas 50 menandakan adanya ekspansi sektor manufaktur jika dibandingkan periode sebelumnya. Namun, angka yang lebih rendah dari konsensus menunjukkan bahwa ekspansinya tak sekencang yang diharapkan pelaku pasar.

Aktivitas manufaktur yang terbilang lambat tersebut lantas mengancam laju perekonomian China yang tengah diterpa sentimen negatif dari aktivitas pemerintahnya dalam mengurangi tumpukan utang sektor swasta yang menggunung. Terlebih, risiko perang dagang juga terus mengintai.


Beberapa menit yang lalu, data yang sama versi Markit diumumkan di level 51, lagi-lagi lebih rendah dari konsensus yang sebesar 51,1.

Sementara itu, bursa saham Hong Kong diliburkan seiring dengan peringatan Sar Establishment Day. (ank/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading