Saratoga Dkk Serap Saham Rights Issue Merdeka Copper

Market - Tito Bosnia, CNBC Indonesia 21 June 2018 14:27
Saratoga Dkk Serap Saham Rights Issue Merdeka Copper
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) akan melakukan penerbitan saham baru (rights issue) dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) sebanyak-banyaknya 594,93 juta saham.

Menurut keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), jumlah saham yang diterbitan tersebut setara dengan 14,29% dari modal dan ditempatkan penuh perseroan dengan nilai nomina Rp 100 per saham.

Sedangkan harga pelaksanaan Penawaran Umum Terbatas (PUT) I perseroan tersebut sebesar Rp 2.250 per saham dengan jumlah dana yang akan diterima sebanyak-banyaknya Rp 1,33 triliun.


PT Mitra Daya Mustika (MDM), PT Trimitra Karya Jasa (TKJ), PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) dan PT Srivijaya Kapital (SK) selaku pemegang saham perseroan menyatakan akan melaksanakan haknya untuk membeli saham baru yang diterbitkan perseroan.

Saat ini, MDM memiliki 16,48% saham perseroan, TKJ memiliki 13,69%, Saratoga memiliki 6,34% dan SK tercatat belum memiliki saham pada Merdeka Cooper. Pemegang saham lainnya, yaitu Maya Miranda Ambarsari 5,54%, Garibaldi Thohir 8,06%, dan Masyarakat 36,57%.

Jika masih terdapat sisa saham baru dai jumlah yang ditawarkan, maka saham yang tersisa tersebut akan dibeli oleh PT Sawarna Arta Mandiri (SAM) selaku pembeli siaga dengan jumlah maksimum sebesar Rp 550 miliar.

Jika pemegang saham lama tidak melaksanakan haknya dalam PUT I ini, maka penurunan persentase kepemilikan saham atau terdilusi sebesar 14,29%.

Saham baru yang diterbitkan perseroan tersebut akan diperdagangkan di BEI selama 5 hari berturut-turut mulai tanggal 2-8 Agustus 2018 mendatang.

Sebelumnya, MDKA berencana untuk melakukan right issue hingga 2019 mendatang, dengan target dana sebanyak-banyaknya US$ 150 juta atau Rp 2,12 triliun. MDKA akan menggunakan seluruh dana tersebut untuk belanja modal dan modal kerja perseroan kedepannya. (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading