Mei 2018, Surplus Dagang China ke AS Naik Jadi Rp 341,66 T

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
08 June 2018 13:57
Mei 2018, Surplus Dagang China ke AS Naik Jadi Rp 341,66 T
Beijing, CNBC Indonesia - Surplus perdagangan China dengan Amerika Serikat bertambah menjadi US$24,58 miliar (Rp 341,66 triliun) pada bulan Mei, dari US$22,15 miliar pada bulan April, data pabean menunjukkan pada Jumat. Hal itu disebabkan karena kedua ekonomi terbesar dunia itu terjebak dalam negosiasi perdagangan yang menegangkan.

Dilansir dari Reuters, untuk bulan Januari sampai Mei, surplus perdagangan China dengan Amerika Serikat adalah sebesar US$104,85 miliar.

AS dan China telah saling mengancam menerapkan tarif impor pada barang-barang bernilai hingga US$150 miliar masing-masingnya, karena Presiden Donald Trump memaksa Beijing untuk membuka ekonominya lebih lanjut dan mengatasi defisit perdagangan besar Amerika Serikat dengan China.


Gencatan senjata perang dagang antara dua ekonomi terbesar di dunia itu muncul setelah Gedung Putih pada akhir Mei memperingatkan akan menerapkan tarif senilai US$50 miliar untuk impor China, serta memberlakukan pembatasan investasi China di Amerika Serikat dan mengetatkan kontrol ekspor. (roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading