Bank Bukopin Naikkan Target Marjin Bunga Bersih

Market - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
23 May 2018 07:50
Bank Bukopin Naikkan Target Marjin Bunga Bersih
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) menargetkan pendapatan marjin bunga bersih (net interest margin/ NIM) berada di atas 3% di tahun 2018. Saat ini, NIM perusahaan tercatat 2,75%.


Direktur Utama PT Bank Bukopin Tbk Eko Rachmansyah Gindo menjelaskan NIM sering diibaratkan sebagai selisih dari bunga simpanan dan pinjaman. Dengan adanya kenaikan suku bunga acuan memang secara otomatis menaikkan jumlah dan suku bunga simpanan dana pihak ketiga (DPK). Namun, suku bunga pinjaman atau kredit tidak bisa serta-merta langsung naik, perlu penyesuaian dan sosialisasi.

"Kredit itu kan sistemnya ada permintaan dan penawaran, bank pasti akan menyesuaikan, kami perlu waktu," ujar Eko kepada media ketika dijumpai usai melakukan rapat umum pemegang saham (RUPS) di Jakarta, Selasa (22/5).

"Sehingga, dalam jangka pendek bisa jadi justru NIM malah turun namun dalam satu tahun sudah kembali normal," tambahnya.


Untuk itu, guna meningkatkan NIM perusahaan dan mencapai target di atas 3% tersebut, Eko mengaku pihaknya akan meningkatkan rasio dana murah (current account, saving account/ CASA) dan melakukan penghematan atau efisiensi di sisi biaya.


"Jadi, tidak harus menaikkan suku bunga kredit," pungkasnya. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading