Distributor Kloset TOTO Kantongi Dana Rp 812 Miliar dari IPO

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
06 May 2018 13:48
Harga saham perusahaan dipatok di harga Rp 1.160 per saham yang merupakan harga batas bawah dari harga di masa book building
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Surya Pertiwi memperoleh dana dari aksi penawaran umum perdana saham (initial public offering/ IPO) senilai Rp 812 miliar. Sebagian besar dana ini akan digunakan perusahaan untuk melakukan pembayaran utang ke Bank Resona Perdania, Bank Mizuho Indonesia, dan Bank HSBC Indonesia.

Melalui keterbukaan informasi di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), harga saham perusahaan dipatok di harga Rp 1.160 per saham yang merupakan harga batas bawah dari harga di masa book building. Perusahaan melepas 700 juta unit saham baru atau setara dengan 26% sahamnya ke publik.


Sekitar 50% dari dana hasil IPO ini akan digunakan perusahaan untuk pembayaran seluruh utangnya, 25% akan digunakan untuk belanja modal penambahan kapasitas produksi anak usahanya PT Surya Pertiwi Nusantara, sementara sisanya akan digunakan perusahaan untuk modal kerja.


Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek dalam aksi korporasi ini adalah Ciptadana Sekuritas Asia.

Usai IPO, perusahaan juga akan melakukan private placement dengan melepas 380 juta saham atau setara dengan 14,07% saham milik PT Multifortuna Asindo (MFA) dan PT Suryaparamitra Abadi (SPA) yang merupakan dua pemegang saham mayoritas perusahaan dengan tingkat kepemilikan setara sebelum masa penawaran umum.

Pihak-pihak yang akan ditawarkan saham-saham ini adalah investor utama, dana pensiun, asuransi, invetsor internasional jangka panjang, hedge funds dan wealth management melalui agen penjualan internasional.


Jika menggunakan asumsi harga pelepasan saham untuk private placement ini sama dengan harga IPO, maka perusahaan akan memperoleh tambahan dana sebesar Rp 440,80 miliar.
Artikel Selanjutnya

Koridor Tower II Ambruk, Pencatatan Saham IPO Tetap Jalan


(prm)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading