Potensi Besar, BTPN Genjot Kredit Segmen UKM

Market - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
04 May 2018 15:49
Potensi Besar, BTPN Genjot Kredit Segmen UKM
Bandung, CNBC Indonesia - PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) secara agresif melakukan penetrasi terhadap segmen usaha kecil menengah (UKM) melalui divisi Mitra Bisnis.

Business Strategy & Alignment Head SME BTPN Michael Jermia Tjahjamulia mengatakan hingga Maret 2018 penyaluran kredit UKM Mitra Bisnis mencapai Rp 11,9 triliun, tumbuh sekitar 19% dibandingkan dengan setahun sebelumnya.

[Gambas:Video CNBC]
"Kredit yang disalurkan oleh BTPN Mitra memiliki porsi sekitar 19% dari total kredit BTPN yang mencapai Rp 65,3 triliun," ujar Michael Jumat (4/5/2018).


Pertumbuhan kredit Mitra Bisnis tersebut cukup agresif karena rata-rata pertumbuhan kredit pada industri perbankan nasional Februari 2018 lalu berkisar 8,2%. Pertumbuhan Mitra Bisnis diantara segmen-segmen lain BTPN juga tergolong tinggi.

Total kredit BTPN pada triwulan I-2018 tumbuh tipis sekitar Rp 300 miliar menjadi Rp 65,3 triliun. Padahal kehadiran BTPN Mitra Bisnis belum genap 5 tahun sejak diluncurkan pada 2013 lalu.

Michael menjabarkan tingginya pertumbuhan kredit UKM tidak terlepas dari potensi besar yang di Indonesia. Menurutnya, ada sekitar 300.000 pengusaha kecil dan menengah yang membutuhkan pendanaan. "Nasabah BTPN Mitra Bisnis baru sekitar 3.000 nasabah, jadi potensi untuk tumbuh masih besar," jelasnya.

Sektor usaha yang menjadi incaran BTPN Mitra Bisnis adalah perdagangan. Namun, BTPN Mitra Bisnis juga menyalurkan kredit kepada sektor jasa, tekstil, hingga industri kreatif. "Nasabah kami terbesar berasal dri Jakarta, kemudian Surabaya dan Bandung," ujarnya.

Dia menambahkan strategi BTPN Mitra Bisnis untuk memenangkan persaingan adalah dengan memberikan nilai tambah atau added value seperti akses ke pasar dan pengembangan kapasitas dari nasabah.

"Jadi kami tidak hanya memberikan solusi keuangan tetapi yang lebih penting bagaimana kami bisa membantu nasabah kami untuk sukses," jelasnya. (roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading