PTBA Kebut Bangun PLTU Sumsel 8 dengan Kapasitas 2 x 620 MW

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
19 April 2018 17:01
PTBA Kebut Bangun PLTU Sumsel 8 dengan Kapasitas 2 x 620 MW
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) segera memulai pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Sumsel 8 dengan kapasitas 2x620 megawatt (MW) pada Juli mendatang. Perusahaan akan memasok batu bara ke PLTU tersebut usai menandatangai supply agreement pada awal April lalu.

Direktur Utama Bukit Asam Arviyan Arifin mengatakan perusahaan akan segera menandatangani perjanjian financial close untuk pembiayaan PLTU ini senilai US$ 1,2 miliar dengan The Export Import Bank of China pada akhir kaurtal ini.

"Financial close diharapkan Mei atau Juni dengan perbankan sebagai pihak yang membiayai, setelah itu akan mulai konstruksi," kata Arviyan di JW Marriot, Jakarta, Kamis (19/4).


Dia mengharapkan pembangunan ini akan dapat selesai dalam 36-42 bulan sehingga Commercial Operation Date (COD) dapat dilakukan selambatnya akhir 2021 atau awal 2022.

Selain membangun PLTU, Arviyan mengatakan Bukit Asam juga akan melakukan pembangunan dua PLTU milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang berlokasi di Kalimantan Timur dan Pemala.

Selain itu, perusahaan juga akan bekerja sama dengan induk usahanya PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) untuk membangun PLTU pendukung smelter yang akan dibangunnya di Kuala Tanjung. "Kalau di Kalimantan Timur ini akan dimulai segera karena smelternya akan beroperasi 2019 nanti jadi dispeed up," jelas dia.

Bangun PLTS
Untuk memanfaatkan lahan bekas pertambangan seluas ribuan hektar, Bukit Asam berencana untuk mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). "Terkait solar, sekarang sudah mengajukan ke kementerian untuk pembanguan solar cell," kata dia.

Arviyan menyebutkan lahan yang akan dikembangkan menjaid PLTS ini berlokasi di Ombilin, Sumatera Barat dan Tanjung Enim, Sumatera Selatan. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading