Perang Dagang Mereda, Harga CPO Melaju

Market - Raditya Hanung, CNBC Indonesia
06 April 2018 10:38
Hingga pagi ini, harga CPO masih bergerak flat di level yang sama.
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) bergerak menguat 0,73% ke MYR2.472/ton pada perdagangan Kamis (5/4) kemarin, ke level tertinggi sejak awal Maret 2018. Hingga pagi ini, harga CPO masih bergerak flat di level yang sama.

Perang Dagang Mereda, Harga CPO MelajuFoto: CNBC Indonesia/Raditya Hanung

Sentimen positif bagi harga CPO datang dari ekspektasi investor akan stok CPO Malaysia yang lebih rendah dari sebelumnya. Data resmi stok CPO di Negeri Jiran tersebut akan diumumkan pada pekan depan.

Selain itu, dari Chicago Board of Trade, harga kedelai kontrak pengiriman Mei 2018 di Chicago menguat hingga 2,36%, sementara harga minyak kedelai kontrak pengiriman Mei 2018 juga menguat 1,09%. Penguatan rival CPO di sektor minyak nabati itu juga menjadi bahan bakar penguatan CPO kemarin.


Perkembangan harga minyak kedelai dipicu oleh meredanya tensi perang dagang antara China dan AS pasca Larry Kudlow selaku Penasihat Ekonomi Gedung Putih mengatakan bahwa AS siap bernegosiasi dengan China. Kudlow mengungkapkan rencana pengenaan bea masuk untuk 1.300 produk China yang diumumkan kemarin mungkin hanya merupakan taktik negosiasi. Oleh karena itu, bisa saja bea masuk terhadap produk-produk tersebut tidak jadi diterapkan.
(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading