Ini Robot Bank di Indonesia: Cinta, Mita, Vira, dan Sabrina

Market - Herdaru Purnomo, CNBC Indonesia
03 April 2018 11:30
Ini Robot Bank di Indonesia: Cinta, Mita, Vira, dan Sabrina
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank-bank besar di Indonesia telah memiliki robot AI atau artificial intelligence dalam membantu para nasabahnya. Dengan teknologi chatbot atau layanan pesan yang dijawab oleh robot, nasabah akan dilayani jika ingin menanyakan sesuatu atau mengajukan komplain.

Sebagai informasi, chatbot adalah program komputer yang dapat berkomunikasi dalam format percakapan dan dirancang untuk dapat mensimulasikan percakapan dan interaksi manusia.

AI sendiri adalah learning machine yang mampu menganalisa perilaku seseorang yang berhubungan dengannya. AI tersebut ditanam di dalam chatbot sehingga dalam berkomunikasi program itu dapat mengenali profil pengguna dan mengarahkan percakapan sesuai profilnya.


PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) memiliki Sabrina. Sabrina yang merupakan singkatan dari Smart BRI New Assistant tersebut dapat digunakan melalui aplikasi Facebook Messenger dan aplikasi telegram berbasis chat.

Untuk menggunakan Sabrina, nasabah bisa berkomunikasi menggunakan suara karena layanan tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi pemindai suara. Sabrina menjadi semacam layanan virtual assistance dan voice pertama di Indonesia.

Tak jauh berbeda dengan Sabrina, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) memiliki Vira.

Vira atau VIRA merupakan kepanjangan dari (Virtual Assistant Chat Banking BCA). Setelah dapat diakses melalui LINE, Facebook Messenger, dan Kaskus Chat, kini Vira juga hadir di Asisten Google.

Vira bisa membantu nasabah BCA dalam mengetahui informasi dan promosi seputar BCA dan transaksi terkait.

Tak mau kalah dengan Vira dan Sabrina, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) memiliki Cinta.

Cinta merupakan singkatan dari Chat with your INTelligent Advisor, menggunakan teknologi chatbot dan kecerdasan buatan untuk membantu nasabah melakukan transaksi perbankan.

Saat ini Cinta hadir di beberapa aplikasi chatting terpopuler, yaitu Facebook messenger (FBM) dengan nama BNI CINTA, di Twitter dengan nama @bni_cinta, dan di LINE dengan nama BNI CINTA (profile ID @bnicinta).


Terakhir, Sabrina, Vira, Cinta juga memiliki saingain yakni Mandiri Intelligence Assistant (MITA). Layanan ini merupakan chatbot yang berfungsi sebagai customer service virtual yang dapat melayani nasabah selama 7 x 24 jam.


Chatbot di Perbankan Luar Negeri

Sebelumnya, HSBC, OCBC, dan Hang Seng Bank juga memakai chatbot. HSBC menamakannya dengan Amy, kemudian Hang Seng memiliki Haro dan Dori. Adapun OCBC juga memiliki Emma.

Layanan chatbot yang merupakan terobosan digitalisasi perbankan ini dinilai lebih efisien. Business Insider menulis, chatbot yang merupakan program komputer mampu melaksanakan tugas yang selama ini dipegang oleh karyawan atau pihak ketiga dari customer care.

Perusahaan-perusahaan melakukan efisiensi melalui chatbot tersebut. Agar tetap kompetitif, bank-bank besar kerap menyesuaikan layanan tradisional mereka dengan menggabungkan lebih banyak robot dalam perbankan yang akan menarik lebih banyak pelanggan yang paham teknologi.

Chatbot dalam perbankan adalah solusi digital yang relatif murah untuk dikembangkan dan dipelihara. Sebagai permulaan, chatbot membutuhkan lebih sedikit pengkodean daripada aplikasi perbankan mandiri.

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading