Ikuti Perkembangan Zaman Now, Bank Mandiri Luncurkan Chatbot

News - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
19 March 2018 18:08
Chatbot MITA akan mengurangi beban contact center Bank Mandiri.
Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam rangka meningkatkan efisiensi dalam bidang layanan, Bank Mandiri meluncurkan chatbot bertajuk Mandiri Intelligence Assistant atau MITA. Layanan ini merupakan chatbot yang berfungsi sebagai customer service virtual yang dapat melayani nasabah selama 7x24 jam.

Direktur Operasional Bank Mandiri Ogi Prastomiyono, mengatakan chatbot MITA merupakan salah satu langkah transformasi digital Bank Mandiri dalam memberikan layanan yang lebih efektif, efisien dan customer-oriented.

"Kami yakin langkah ini dapat membantu perseroan memenangkan persaingan di industri keuangan. Sebab, layanan ini dapat memberikan kemudahan akses bagi nasabah," kata Ogi, Senin (19/3/2018)


Ogi menambahkan sebanyak 600-700 ribu komunikasi dari nasabah yang masuk ke contact center Bank Mandiri setiap bulannya. Sebanyak 10% dari komunikasi itu selama ini disampaikan melalui email dan sosial media. Dari rasio tersebut, Interaksi nasabah di layanan email dan media sosial terdiri atas permintaan informasi sebanyak 51%, permintaan bantuan 28% dan keluhan 21%.

"Dengan MITA, nasabah semakin efisien karena tidak perlu keluar pulsa untuk menghubungi contact center, cukup lewat media sosial. Bagi kami juga efisien karena pertanyaan umum mengenai produk dan layanan bisa dijawab lewat MITA, sehingga beban contact center bisa dikurangi," ujarnya.

Lebih rinci dia menjelaskan chatbot baru ini bisa menjawab secara otomatia pertanyaan nasabah tentang produk dan layanan Bank Mandiri, melalui Line, Facebook Messenger dan Telegram serta website Bank Mandiri.

Chatbot memliki sistem learning machine sehingga semakin lama bisa semakin pintar dalam menjawab pertanyaan nasabah. Meski demikian, pada saat ini, Chatbot belum bisa melayani transaksi perbankan nasabah.

Direktur Digital Banking & Technology Bank Mandiri Rico Usthavia Frans mengatakan perseroan sedang mempelajari sistem keamanan untuk meningkatkan layanan MITA agar dapat digunakan dalam transaksi keuangan. "Mudah-mudahan dalam tahun ini layanan MITA dapat ditingkatkan untuk transaksi keuangan," jelasnya.

Selain mengenalkan layanan chatbot MITA, Bank Mandiri juga memperkenalkan perwajahan baru website Bank Mandiri. Langkah ini dilakukan Bank Mandiri untuk memudahkan masyarakat berinteraksi dan mencari informasi tentang Bank Mandiri, baik produk, layanan maupun informasi lain yang mendukung keterbukaan informasi perusahaan. 
Artikel Selanjutnya

Pertumbuhan Laba Mandiri Tertinggi di Antara Bank Besar ASEAN


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading