ADRO, ASII dan TKIM Ikut Dilepas Investor Asing

Market - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
21 March 2018 11:06
Saham-saham yang dilepas investor asing
Jakarta, CNBC Indonesia - Kinerja positif Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan sesi I, diwarnai aksi jual beberapa saham oleh investor asing. Selain saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) yang dijual oleh investor asing, beberapa saham emiten besar seperti saham PT Adaro Energy Tbk (ADRO), saham PT Astra International Tbk (ASII)  dan saham PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia (TKIM) ikut menyusul.


Pada pukul 10.37 WIB saham ADRO dijual investor asing senilai Rp 35,21 miliar dari total nilai perdagangan sebesar Rp 55,8 miliar. Harga saham ADRO juga tercatat stagnan di level harga Rp 2.070/saham.

Pelepasan saham ADRO oleh investor asing diperkirakan masih dipengaruhi oleh faktor dalam negeri yaitu Pembatasan harga batu bara untuk penjualan dalam negeri (domestic market obligations/ DMO).


Walaupun pada kemarin (20/3/2018), ADRO mengumumkan kerjasama untuk melakukan pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di beberapa negara di kawasan Semenanjung Indochina, namun tidak mempengaruhi investor asing untuk tidak menjual saham ADRO.

Aksi jual asing lainnya juga terjadi pada saham milik PT Astra International Tbk (ASII) yang dilepas senilai Rp 25,18 miliar dari seluruh total transaksi perdagangan senilai Rp 97,44 miliar. Harga saham ASII juga masih stagnan ke level Rp 7.300/saham.

Dijualnya saham ASII oleh investor asing diperkirakan dipengaruhi oleh penjualan produk mobil andalannya yaitu Toyota Avanza yang turun di bulan lalu, karena disalip oleh mobil Mitsubishi Xpander. Toyota Avanza tersebut berada di posisi kedua penjualan mobil terlaris pada Februari 2018 yaitu sebanyak  6.773 unit, sedangkan Mitsubishi Xpander menggantikan posisi Toyota Avanza dengan menjual sebanyak 7.400 unit mobil.


Selanjutnya, saham PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM) juga paling banyak dijual oleh investor asing senilai Rp 22,82 miliar. Namun dilepasnya saham TKIM tersbeut didorong oleh harga sahamnya yang cukup tinggi, tercatat harga saham TKIM saat ini berada di level Rp 5900/saham atau menguat 3,51%.
Artikel Selanjutnya

Asing Ramai-ramai Jual Aset Rp 162 T di Pasar RI


(hps/hps)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading