Keluarga Hidayat Lepas Paten Jamu Ke Sido Muncul

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
20 March 2018 14:33
Sido Muncul mengeluarkan dana Rp 33,95 miliar untuk beli hak paten jamu dari keluarga Hidayat Foto: ist
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) resmi membeli Lisensi Rahasia Dagang yang sebelumnya dimiliki oleh keluarga Hidayat dan CV Mekar Subur. Transaksi tersebut bernilai sebesar Rp 33,95 miliar atau setara dengan 1% dari ekuitas perusahaan.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan transaksi pengalihan lisensi dari keluarga Hidayat kepada perusahaan bertujuan agar perusahaan menjadi lebih kuat dan lisensi tersebut menjadi milik perusahaan secara hukum.

"Biar jadi milik perusahaan secara hukum supaya perusahaan kuat. Kalau tidak kan bisa saya jual ke orang lain," kata Irwan kepada CNBC Indonesia, Selasa (20/3).

Berdasarkan keterbukaan informasi perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI), selama ini perusahaan masih terus membayarkan royalti kepada kelurga Hidayat dan CV Mekar Subur. Dimana Rahasia Dagang yang berisi formula jamu dan obat-obatan tersebut sudah digunakan selama 70 tahun oleh perusahaan.

Sementara itu, Irwan mengatakan bahwa perusahaan terus melakukan penelitian tiap tahunnnya untuk terus mengembangkan produk-produk yang ada. Penelitian tersebut tak hanya dilakukan oleh pihak perusahaan, namun juga bekerja sama dengan beberapa universitas dalam melakukan penelitian.

Belum lama ini, perusahaan sudah melakukan pembelian mesin baru senilai kisaran Rp 10 miliar-Rp 12 miliar. Investasi ini ditujukan untuk mengembangkan produk baru di tahun ini. Menurut dia, mesin baru ini nantinya akan mulai beroperasi bulan depan.

Calon investor

Irwan menyebutkan bahwa perusahaan akan mengumumkan kedatangan investor barunya dalam rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) perusahaan yang akan digelar bulan ini.

Belum lama ini perusahaan menyatakan akan mendapatkan suntikan modal dari investor melalui private equity asing, yakni Afinity Equity Partners. Nilai investasi yang akan disuntikkan oleh perusahaan tersebut masih belum disebutkan.

Untuk melancarkan rencananya tersebut perusahaan pembiayaan tersebut telah menempatkan dua orang perwakilannya selaku komisari independen perusahaan di Sido Muncul.
Artikel Selanjutnya

Saham WOOD dan ESSA Naik di Atas 10%


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading