Fitch Naikkan Peringkat OCBC NISP

Market - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
16 March 2018 15:58
Fitch Naikkan Peringkat OCBC NISP
Jakarta, CNBC Indonesia - Lembaga Pemeringkat PT Fitch Ratings Indonesia menaikkan peringkat international jangka panjang mata uang lokal (Long Term Local Currency Issuer Defaut Rating) PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP) dari A- menjadi A, dengan prospek rating stabil (stable). Selain itu, Fitch juga menaikkan Viability Rating (VR) OCBC NISP dari sebeelumnya bb menjadi bb+.

Peningkatan rating tersebut, berdasarkan pandangan Fitch bahwa OCBC NISP yang mendapat dukungan dari Oversea-Chinese Corporation Limited (OCBC Singapore), dimungkinkan tetap memiliki kemampuan dan kekuatan kinerja di tengah tenkanan makro ekonomi dan tekanan ekonomi yang tinggi.

Selain itu, peningkatan rating Viability Rating (VR) OCBC NISP mencerminkan peningkatan yang stabil dalam kategori bank asing franchise, serta peningkatan pendanaan maupun likuditas perusahaan. Fitch menilai Bank OCBC NISP juga bisa disandingkan dengan bank-bank franchise besar lainnya.


Perbaikan peringkat tersebut juga terlihat dari kapitalisasi pasar (market cap) perusahaan yang terus meningkat secara bertahap, model bisnis yang stabil dan model pendanaan yang yang didominasi oleh deposito.

Fitch yakin, perbaikan peringkat tersebut dapat membuat perusahaan untuk terus mempertahankan kapitalisasi atau leverage yang umumnya lebih baik dibandingkan bank franchise lainnya di Indonesia. Terutama dalam mempertimbangkan risk appetite bank yang lebih rendah dan kualitas aset yang lebih besar dibandingkan perusahaan lainnya.

Bank OCBC NISP (sebelumnya dikenal dengan nama Bank NISP) merupakan bank tertua keempat di Indonesia, yang didirikan pada tanggal 4 April 1941 di Bandung. Pada tahun 2004, OCBC Bank Singapura menjadi pemegang saham mayoritas Bank OCBC NISP melalui serangkaian akuisisi dan penawaran. OCBC Bank Singapura saat ini memiliki saham Bank OCBC NISP sebesar 85,1%.

Sebelumnya, Bank OCBC NISP mengungkapkan bahwa rating yang selalu diberikan Fitch berpengaruh besar terhadap obligasi perusahaan. Pada kuartal I tahun ini, OCBC NISP juga merencanakan untuk menerbitkan obligasi sebesar Rp 2 triliun. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading