Untuk IPO, Start Up Minimal Sudah Menghasilkan Pendapatan

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
28 February 2018 17:06
Untuk IPO, Start Up Minimal Sudah Menghasilkan Pendapatan
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Kresna Sekuritas selektif dalam menangani perusahaan rintisan (start up) teknologi yang berencana mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia. Salah satu kriteria yang dipatok adalah, start up tersebut sudah menghasilkan pendapatan (revenue).

Direktur Utama Kresna Sekuritas Octavianus Budiyanto menjelaskan, laba tidak jadi prioritas yang penting sudah ada pendapatan. "Masih berbasis revenue dulu kaya M Cash (PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) jadi dia tidak defisit," kata Octavianus di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (28/2).

Selain itu, lanjut Octavianus, penjamin emisi menilai suatu start up dari sisi keunikan model bisnis yang dijalankan perusahaan tersebut. Ia mencontohkan M Cash Integrasi, yang memfasilitasi pembelia pulsa telepon, listrik dan lain-lain melalui mesin.


"Ya kita liat dari bisnis modelnya. Misal M-Cash pertama kali saya ketemu itu bingung juga. Ternyata dari penduduk indonesia 70% masih non bankable, depend cash (tergantung uang tunai). Hal itu, kemudian difasilitasi M Cash makanya siapin mesin itu trus merambat kemana mana ga cuma voucher pulsa bisa voucher yang lain," papar Octavianus.

Octavianus juga menyampaikan sedangan menangani dua perusahaan yang tak jauh berbeda dengan M Cash. Salah satunya adalah perusahaan yang dimiliki oleh induk usahanya, PT Kresna Investama Tbk (KREN).

Dia menyebutkan, perusahaan tersebut akan melepaskan sebanyak 20%-25% saham ke publik. Menargetkan dana hasil penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) di bawah Rp 200 miliar.

"Asetnya lagi dihitung, issued di bawah M Cash di bawah Rp 200 miliar, yang satunya belum. Lepasnya kisaran 20%-25% pakai buku Januari jadi paling lambat Juli," jelas dia.

Untuk satu perusahaan lainnya, saat ini Octavianus menyatakan masih dalam persiapan sehingga belum bisa membeberkan lebih lanjut. Namun dia memastikan bahwa perusahaan ini paling lambat akan dicatatkan di BEI pada Agustus mendatang. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading