Internasional

Happy Meals McDonald's Kembali Tawarkan Mainan Disney

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
28 February 2018 07:55
Happy Meals McDonald's Kembali Tawarkan Mainan Disney
Los Angeles, CNBC Indonesia - Perusahaan jaringan restoran cepat saji asal Amerika Serikat (AS), McDonald's, dan perusahaan hiburan, Walt Disney, mengumumkan kerja sama promosi mereka pada hari Selasa (27/2/2018). Kerja sama itu adalah yang pertama sejak kedua perusahaan mengakhiri hubungan sebelumnya pada 2006.

Dilansir dari Reuters, kerja sama eksklusif mereka yang terakhir sepanjang 10 tahun itu dilaporkan bernilai sekitar US$1 miliar (Rp 13,7 triliun) untuk Disney, menurut pemberitaan The Los Angeles Times. McDonald's membayar royalti $100 juta dan melakukan 11 promosi untuk film-film dan tayangan televisi Disney tiap tahunnya, termasuk membangun restoran di dalam taman hiburan Disney.

Perjanjian jangka panjang non-eksklusif mereka yang terbaru ini akan berlaku mulai Juni dengan beberapa promosi, termasuk penawaran mainan bertema film-film Disney, seperti Incredibles 2 dan Ralph Breaks the Internet: Wreck-It Ralph 2.


Direksi dari. kedua perusahaan menolak untuk menyebutkan jangka waktu dan nilai kesepakatan baru itu.

Juru bicara McDonald's mengatakan perjanjian baru itu tidak mencakup persetujuan membangun restoran di dalam taman hiburan, namun perusahaan terus mencari cara untuk mewujudkan hal itu.

Disney menerapkan peraturan baru secara sukarela pada 2006 yang melarang memberi lisensi Mickey Mouse dan karakter Disney lainnya untuk produk makanan yang tidak memenuhi standar gizi minimum.

Di tahun yang sama, laporan Institute of Medicine menyebutkan promosi makanan cepat saji (junk food) berkontribusi terhadap banyaknya kasus obesitas anak-anak.

McDonald's telah berupaya membuat Happy Meals, menu untuk anak-anaknya, lebih bergizi dan lebih tidak menggemukkan sejak 2006. Perubahan yang dilakukan termasuk menambahkan buah ke dalam menu, mengurangi porsi kentang goreng, dan menggunakan menu yang mendorong konsumen memesan air daripada minuman soda yang tinggi gula.


Pada Juni 2018, seluruh menu Happy Meals yang ditawarkan di AS diharapkan akan mengandung maksimal 600 kalori, 10% kalori dari lemak jenuh, dan 10% kalori dari gula tambahan. Lebih dari 75% menu akan mengandung maksimal 650 mg sodium.

Konsultan dan franchisee mengatakan Happy Meals berkontribusi sekitar 15% dari penjualan McDonald's. Perusahaan tidak menjelaskan porsi penjualan namun mengatakan kunjungan keluarga mencapai 30% dari seluruh kunjungan ke McDonald's di seluruh dunia. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading